Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TKN Bantah Ada Konflik Kepentingan Soal 2 Panelis Debat Ketiga dari Unhan: Biarkan KPU yang Menilai

Dedek Prayudi mengaku heran banyak pihak yang memprotes terkait penunjukkan dua panelis debag tersebut

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in TKN Bantah Ada Konflik Kepentingan Soal 2 Panelis Debat Ketiga dari Unhan: Biarkan KPU yang Menilai
KPU
Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pada debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). Debat ketiga untuk capres bakal digelar Minggu, 7 Januari 2024. Ini tema, lokasi, moderator, panelis, dan forrmat debat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) membantah penunjukkan dua panelis debat ketiga berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) bakal menimbulkan konflik of interest.

Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi mengaku heran banyak pihak yang memprotes terkait penunjukkan dua panelis debag tersebut. Padahal, topik yang akan dibahas dalam debat ketiga mengenai pertahanan.

Baca juga: Ketua TKN: Fokus Prabowo-Gibran Kolaborasi dengan Rakyat, Bukan Kompetisi dengan Paslon Lain

"Kenapa diprotes? ya kan tapi kan topiknya memang pertahanan," kata Dedek di Area 47, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (4/1/2023) sore.

Di sisi lain, Dedek menuturkan bahwasanya TKN tidak berhak untuk memberikan komentar terkait penunjukkan panelis tersebut.

Sebab, kata dia, penunjukkan itu sepenuhnya wewenang dari KPU. Sebaliknya, dugaan konflik of interest juga hanya penyelenggara pemilu yang bisa menilai.

"Kalau misalnya diprotes dan KPU mengakomodir protesnya atau tidak mengakomodir saya pikir itu bukan ranah TKN menilai. Biarkan saja KPU yang menilai ini ada indikasi konflik of interest atau tidak," tukasnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memprotes soal panelis unsur akademisi dari Universitas Pertahanan yang telah diumumkan KPU RI untuk debat ketiga Pilpres pada akhir pekan ini.

Adapun nama panelis tersebut yakni Dr. Kusnanto Anggoro yang merupakan Pakar Keamanan Universitas Pertahanan, dan Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio yang merupakan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan.

Baca juga: Cak Imin Protes soal Panelis Debat Ada Akademisi dari Unhan: Mengganggu Objektivitas

"Ya terus terang saya protes, karena itu mengganggu obyektivitas," kata Cak Imin saat kampanye di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024).

Menurutnya, Unhan sebagai sebuah universitas tetap berada di bawah Kementerian Pertahanan yang kini masih dipimpin Prabowo.

"Karena itu, saya protes, syukur-syukur bisa diganti," pungkas Cak Imin.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 11 nama panelis debat ketiga peserta Pilpres 2024.

Nama-nama itu disampaikan oleh Anggota KPU RI August Mellaz di kantornya, Rabu (3/1/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas