Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tangani Penanganan Kesehatan Mental, RSPP Siap Terima Caleg Gagal Lolos Pemilu

Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) menyatakan siap menerima para calon legislatif yang mengalami persoalan kesehatan mental jika gagal lolos di Pileg.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tangani Penanganan Kesehatan Mental, RSPP Siap Terima Caleg Gagal Lolos Pemilu
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Konferensi pers jajaran Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di RSPP, Jakarta, Rabu (10/1/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTARumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) menyatakan siap menerima para calon legislatif yang mengalami persoalan kesehatan mental ketika kalah atau tidak lolos Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Langkah ini untuk mengantisipasi adanya masalah kesehatan mental untuk calon legislatif yang gagal lolos ke parlemen.




“Biasanya yang datang itu yang kalah, artinya yang kalah itu tidak masuk ke DPR misalnya, ke DPRD, itu ada. Untuk tingkat keparahan, mungkin yang kita lihat yang lalu, sampai yang dirawat ada. Depresi ringan ada, depresi berat ada,” ucap Wakil Direktur Jasa Medis RSPP Dody Alamsyah Siregar dalam konferensi pers di RSPP, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Menurut Dody, RSPP memiliki dokter spesialis dan subspesialis di bidang psikiatri pada layanan klinik mental health di RSPP. Terdapat lima dokter psikiatri dengan didukung oleh dua orang psikolog.

Dody mengatakan siap menerima para kontestan kontestasi politik yang hendak melakukan pengobatan kesehatan mental di RSPP.

“Tapi ketika ingin membutuhkan konsultasi, kita siap untuk bisa menerima yang ikut kontestasi politik. Bisa datang ke tempat kami RSPP di poli psikiatri namanya, psikiatri dan psikolog,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

Layanan kesehatan klinik mental health menjadi salah satu unggulan RSPP dalam pelayanan kepada publik.

Layanan lain RSPP adalah pengobatan kanker yang kini dapat diakses peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Karena pengobatannya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu khawatir soal biaya pengobatannya," ujar Direktur RSPP Neny Herawati.

Neny memastikan, sumber daya medis yang ada di RSPP mumpuni, baik peralatan yang cukup canggih dan dokter berpengalaman. Hal tersebut penting mengingat tidak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan kanker dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

"Untuk layanan lainnya masih dalam proses pengajuan ke pihak BPJS dan mudah-mudahan dapat direalisasikan di trimester pertama 2024 ini," jelas dia.

Dia menerangkan, RSPP menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk layanan kanker ini.

Salah satunya, RSPP menjadi member Mayo Clinic Care Network (MCCN) sejak tahun 2023. Itu menjadikan RSPP sebagai rumah sakit pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menjadi bagian dari MCCN.

Dengan begitu, kata dia, RSPP dapat mengakses berbagai pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic, termasuk diskusi mengenai pengobatan kanker, pengobatan layanan, dan penyakit lainnya. Hal itu keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuan di skala internasional.

"Karena Tim Medis IHC RSPP dapat melakukan teleconference dan secara langsung dengan para ahli kesehatan dari Mayo Clinic dan tentunya edukasi medis," pungkasnya.

Baca juga: Caleg Gagal yang Alami Gangguan Jiwa dan Membahayakan Bakal Ditempatkan di Bangsal Khusus

Dia menambahkan, pihaknya menggandeng beragam komunitas kesehatan dari warga sekitar khususnya Jakarta Selatan dan para dokter diluar RSPP, seperti komunitas kanker, komunitas diabetes, dan sebagainya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas