Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elektabilitas Prabowo-Gibran Stagnan di Survei Indikator, Airlangga: Sudah Hampir-hampir

Menurut Airlangga, capres-cawapres yang elektabilitasnya stagnan justru pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Elektabilitas Prabowo-Gibran Stagnan di Survei Indikator, Airlangga: Sudah Hampir-hampir
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menghadiri konsolidasi pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, (18/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai angka 45 persen elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran hasil survei Indikator Politik Indonesia tidaklah menunjukkan stagnanasi.

Angka tersebut, kata dia, menunjukan peningkatan dan hampir menyentuh target 50 persen plus satu agar memenangi Prabowo-Giran pada Pilpres 2024 dalam satu putaran.

"Kalau 45 (persen) enggak stagnan, (justru) sudah hampir-hampir," katanya usia menghadiri acara konsolidasi Golkar di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis, (18/1/2024).

Menurut Airlangga, capres-cawapres yang elektabilitasnya stagnan justru pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Kalau stagnan itu yang di bawah," katanya.

Survei Indikator: Prabowo Unggul, Banyak Pemilih Belum Punya Pilihan

Hasil temuan lembaga survei Indikator Politik Indonesia terkait elektabilitas calon presiden yang dilakukan sebelum debat ketiga Pilpres 2024 menempatkan elektabilitas calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di posisi pertama.

BERITA TERKAIT

Founder dan Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Prof. Burhanuddin Muhtadi M.A, Ph. D, mengatakan simulasi Top of Mind biasanya digunakan untuk mengukur loyalitas dan spontanitas responden terhadap capres pilihannya ketika survei itu dilakukan.

Baca juga: Survei Elektabilitas Terbaru: Prabowo-Gibran Memimpin, Disusul Anies-Cak Imin, Ganjar-Mahfud Menurun

Baca juga: Daftar Nama 83 Lembaga Survei dan Hitung Cepat Pemilu 2024 yang Mendaftar ke KPU, Berikut Statusnya

Berdasarkan simulasi survei Top Of Mind Pilihan Presiden pada survei tersebut, kata dia, Prabowo meraih 41,4 persen.

Hal tersebut disampaikannya saat merilis hasil  survei nasional bertajuk "Dinamika Elektoral di Tingkat Nasional dan 13 Provinsi Kunci" yang disiarkan di kanal YouTube Indikator Politik Indonesia pada Kamis (18/1/2024).

"Dan dari data kita tahu ternyata Prabowo sekarang sudah konsisten memuncaki klasemen survei berdasarkan simulasi Top of Mind dengan perolehan 41,4 persen," kata dia.

"Disusul, ini survei kali pertama kami secara tatap muka, di mana Anies secara Top of Mind menyalip Ganjar Pranowo dengan perolehan 23,2 persen dibanding 20,6 persen," sambung dia.

Sementara itu, kata dia, masih ada 13,4 persen responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca juga: Wacana Berkoalisi di Putaran Kedua Pilpres, Ganjar Sebut Juga Jalin Komunikasi dengan Kubu Prabowo

Menurutnya, jumlah tersebut sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa semakin menuju hari pencoblosan maka akan semakin sedikit jumlah responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas