Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Mengaku Sulit Bertemu dengan Masyarakat Kampung Bayam: Saya Datang ke Sana Diam-diam

Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan mengakui sulit bertemu dengan masyarakat Kampung Bayam.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Anies Mengaku Sulit Bertemu dengan Masyarakat Kampung Bayam: Saya Datang ke Sana Diam-diam
Tribunnews/JEPRIMA
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan paparannya pada acara Desak Anies bersama Perempuan, Lingkungan Hidup dan Agraria di Jakarta, Kamis (18/1/2024). Pada kampanye dialogis ini Anies berjanji akan membuat daycare atau tempat penitipan anak dan ruang laktasi di tempat-tempat kerja. Hal ini disampaikan Anies setelah menerima pertanyaan soal dilema perempuan bekerja setelah mempunyai anak. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan mengakui sulit bertemu dengan masyarakat Kampung Bayam.

Sehingga mengharuskan dirinya untuk menyamar demi mewujudkan maksud tersebut.

"Saya datang ke sana secara klandestin (diam-diam). Dulu ketika saya bertugas di Jakarta, saya kalau datang ke kampung-kampung tidak bawa media, lensa, tidak bawa rekaman," kata Anies pada wartawan di Kantor Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Kamis (18/1/2024).

Hal itu disebut Anies karena dirinya semata-mata ingin bertemu dengan masyarakat sekitar tanpa perlu dipublikasikan.

Baca juga: Jusuf Kalla Turun Gunung Temani Anies Baswedan Kampanye, Bagaimana Elektabilitas AMIN di Sulsel?

"Dan itu yang membuat hubungan kita otentik karena sama-sama tahu bahwa hubungan ini bukan untuk diumumkan, diceritakan tapi untuk menyelesaikan masalah," tegasnya.

"Biarlah itu kemudian menjadi catatan kita masing-masing. Itu semua yang saya kerjakan di Jakarta, banyak kampung yang saya datang, temui tanpa ada rekaman apapun. Rekaman itu ada di memori saya dan mereka dan itu bagian dari tanggung jawab moral," ujarnya.

Pertemuan Emosional

Anies Baswedan menghadiri acara Desak Anies edisi Perempuan, Agraria, dan Lingkungan di Half Patiunus, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

BERITA TERKAIT

Dalam pertemuan yang emosional tersebut, masyarakat Kampung Bayam menyuarakan kerinduan serta kesedihan atas kehilangan sosok Anies Baswedan.

"Ketika mereka tahu saya ada acara di sana, mereka pada datang dan pada mengungkapkan pada kangen, kehilangan dan emosional karena bagi saya ini sudah seperti saudara saya sendiri," kata Anies.

Menurut Anies, sebuah negara itu harus memiliki sifat kasih dan sayang kepada masyarakat khususnya rakyat kecil.

Baca juga: Alat Peraga Kampanye Akibatkan Kecelakan di Jalan, Anies Ingatkan Timses Prioritaskan Keselamatan

"Jadi saya terkejut ketika ada berita gedung itu (tempat tinggal warga Kampung Bayam) malah akan dipakai untuk tempat tinggal karyawan (JIS). Mudah-mudahan tidak benar," ujarnya.

"Karena memang gedung itu dirancang untuk warga Kampung Bayam. Bahkan rencananya mereka nanti bisa bekerja sebagai bagian dari kegiatan di JIS," lanjutnya.

Kedekatan Anies & Warga Kampung Bayam

Anies mengatakan warga Kampung Bayam memang memiliki kedekatan emosi yang cukup dekat dengannya.

"Jadi warga Kampung Bayam itu amat dekat (dengan saya). Kami memang memilih untuk menjalankan prinsip menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat," kata Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas