Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Cak Imin Sebut Terjadi Hilirisasi Ugal-ugalan, Tak Signifikan terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Cawapres nomor urut 1, Cak Imin, menyinggung hilirisasi ugal-ugalan yang dilakukan oleh pemerintah tak memberikan dampak ekonomi pada masyarakat.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Nuryanti
zoom-in Cak Imin Sebut Terjadi Hilirisasi Ugal-ugalan, Tak Signifikan terhadap Kesejahteraan Masyarakat
(Tangkap layar YouTube KPU RI)
Cawapres 2024 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menjalani debat ke-2 Cawapres 2024, Minggu (21/1/2024), di Jakarta Convention Center (JCC). Cawapres nomor urut 1, Cak Imin, menyinggung hilirisasi ugal-ugalan yang dilakukan oleh pemerintah tak memberikan dampak ekonomi pada masyarakat. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menanggapi jawaban cawapres nomor urut 3 Mahfud MD pada segmen kedua debat cawapres pada Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024).

Pada segmen kedua ini, Mahfud MD mendapatkan pertanyaan mengenai korupsi pertambangan dan perikanan ilegal, serta pembalakan liar yang masih terjadi sehingga menyebabkan kerusakan ekologis di darat dan laut serta ketidakadilan sosial.

"Bagaimana strategi paslon untuk menanggulangi praktik ilegal tersebut untuk mewujudkan keberlanjutan sumber daya alam?" terang moderator menjelaskan pertanyaan untuk Mahfud.

Mahfud menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan bahwa penyelesaian masalah sumber daya alam (SDA) dan energi perlu dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Oleh sebab itu, keterbukaan informasi mengenai agraria termasuk kehutanan menjadi penting karena selama ini informasi mengenai hal itu tertutup.

Jawaban dari Mahfud MD itu ditanggapi oleh Cak Imin dengan mengatakan bahwa ada 2.500 tambang ilegal di Indonesia.

Sementara itu, tambang legal juga tak membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

BERITA REKOMENDASI

"Hilirisasi dilakukan ugal-ugalan, merusak lingkungan, ada kecelekaan, tenaga asing mendominasi."

"Di sisi lain, perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar."

"Di Sulawesi Tengah, pertumbuhan ekonominya sampai 13 persen, tinggi sekali, tapi masyarakatnya tetap miskin dan tak bisa menikmati," jelasnya.

Catatan Mahfud

Baca juga: Debat soal Pangan, Cak Imin Semprot Gibran: Yang Anda Sampaikan Hanya Mengulang Yang Saya Sampaikan

Mahfud mengomentari tanggapan Cak Imin dengan menyebut ada tambang ilegal sebanyak 2.500 di Indonesia, tapi ada juga yang lebih dari itu.

Pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 itu juga menerangkan adanya deforestasi yang masif di Indonesia dalam waktu dalam 10 tahun terakhir.

"Saya mencatat juga, tambang ilegal sebanyak 2.500, tapi ada juga yang lebih dari itu."

"Dalam 10 tahun terakhir terjadi deforestasi 12,5 juta hektare hutan kita. Itu jauh luas dari Korea Selatan dan 23 kali luasnya Pulau Madura di mana saya tinggal. Ini deforestasi dalam waktu 10 tahun," jelasnya.

Komentar Mahfud soal Tanggapan Gibran

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas