Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar-Mahfud Tampil Percaya Diri Kenakan Kostum Ala Pencinta Alam saat Debat Pilpres 2024

Ganjar-Mahfud memasuki arena debat berpenampilan khas pecinta alam, kemeja tactical outdoor berwarna khaki dan hijau dilengkapi syal ala pendaki

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Ganjar-Mahfud Tampil Percaya Diri Kenakan Kostum Ala Pencinta Alam saat Debat Pilpres 2024
(Tangkap layar YouTube KPU RI)
Capres 2024 Ganjar Pranowo dan Cawapres 2024 Mahfud MD di Debat keempat Pilpres 2024, Minggu (21/1/2024), di Jakarta Convention Center (JCC). Mengenakan kostum ala pencinta alam yang dirancang khusus SukkhaCitta, Ganjar-Mahfud, kembali memukau hadirin pada acara debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) tampil percaya diri pada Debat Keempat Pilpres 2024, di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024).

Mengenakan kostum ala pencinta alam yang dirancang khusus SukkhaCitta, Ganjar-Mahfud, kembali memukau hadirin pada acara debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Tema debat kali ini adalah Pembangunan Berkelanjutan, Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Baca juga: Ganjar-Mahfud Kenakan Kostum Ramah Lingkungan saat Debat Cawapres, Dirancang Khusus oleh SukkhaCitta

Ganjar-Mahfud memasuki arena debat berpenampilan khas pecinta alam, kemeja tactical outdoor berwarna khaki dan hijau dilengkapi syal ala pendaki yang melingkar di leher bergambar ikon angka 3, dikelilingi slogan ‘Sat Set, Tas Tes, Selesai.’

Setelah itu, Ganjar-Mahfud mengangkat tangannya membentuk gestur yoga Tiga Jari mudra pertiwi dan mengucapkan “Salam Bumi” dengan lantang.

Baca juga: Ganjar Sebut Ada Kepala Daerah Ditelepon Terkait Dukungan Pilpres: Bahasanya Ojo Kenceng-kenceng

Mudra pertiwi (pritivhi mudra) adalah gestur meditasi yang berhubungan dengan elemen bumi atau tanah. Gestur dengan tiga jari terangkat ini menyeimbangkan energi di dalam tubuh dan menyelaraskan dengan bumi dalam harmoni.

Sikap “membumi” yang muncul akan menghadirkan rasa aman, tenteram, dan stabil, serta menguatkan tubuh secara fisik. Menyatu dengan bumi akan menyembuhkan diri. Mudra pertiwi menjadi inspirasi “Salam Bumi”.

BERITA TERKAIT

“Makna-makna busana dan gestur Ganjar-Mahfud menunjukkan bahwa keduanya memiliki semangat kepemimpinan yang bersahabat dengan alam, dan penuh perhatian menjaga kelestarian ibu pertiwi,” kata Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN), Karaniya Dharmasaputra.

Seperti debat sebelumnya, kemeja yang didesain khusus untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menggunakan patch yang menggambarkan program-program kerja Ganjar Mahfud sesuai tema debat seperti Sampah jadi Berkah, Petani Berdaya Pangan Berjaya hingga Harmoni Hutan untuk Keseimbangan.

Tak lupa identitas “Sat Set” untuk Ganjar dan “Tas Tes” untuk Mahfud selalu tertulis di dada pasangan itu. Sepatu yang digunakan Ganjar-Mahfud adalah buatan lokal berbahan kulit asli produksi Prabu.

Berdiri sejak 2019, Prabu mengedepankan konsep klasik, smart, dan modern. Sepatu Prabu diproduksi dengan standar internasional, menggunakan desain yang stylish dengan harga bersaing.

Dengan visi sebagai brand sepatu direct to consumer (DTC) terbaik di Indonesia, Prabu juga aktif berkontribusi menyokong pendidikan anak yatim-piatu serta disabilitas Indonesia lewat Yayasan Fajar Baru dan Yayasan Sayap Ibu.

Pada Debat Keempat, Ganjar-Mahfud menggunakan sepatu seri Catur Patina Tan, yang dikustomisasi bertuliskan Sat Set dan Tas Tes.

Seperti pada debat-debat sebelumnya, pasangan calon (paslon) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan persiapan secara total.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas