Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar hingga JK Beri Apresiasi Jokowi karena Nyatakan Tak Bakal Kampanye di Pilpres 2024

Inilah respons berbagai pihak mengenai pernyataan Presiden Jokowi tak akan berkampanye dalam Pilpres maupun Pemilu 2024.

Penulis: Rifqah
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Ganjar hingga JK Beri Apresiasi Jokowi karena Nyatakan Tak Bakal Kampanye di Pilpres 2024
Kolase Tribunnews.com
Kolase foto Ganjar Pranowo, Joko Widodo (Jokowi), dan Jusuf Kalla (JK) - Inilah respons berbagai pihak mengenai pernyataan Presiden Jokowi tak akan berkampanye dalam Pilpres maupun Pemilu 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tak bakal ikut berkampanye dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal tersebut sekaligus untuk menepis kabar yang menyebutkan Presiden Jokowi akan ikut berkampanye pada Pilpres atau Pemilu 2024. 

Pernyataan sikap Presiden RI tersebut mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak. 

Seperti, calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyambut baik sikap Presiden Jokowi tersebut.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, sikap Presiden untuk tak berkampanye tak lepas dari kritik yang dilontarkan oleh para tokoh agama, masyarakat, maupun perguruan tinggi di Indonesia.

"Saya kira baik. Setelah ada banyak catatan dari tokoh agama, tokoh masyarakat, kampus yang memberikan catatan pada proses demokrasi kita."

"Dan kalau ada sikap itu menurut saya sangat-sangat respek, sangat hormat, kalau Presiden tidak kampanye jauh lebih baik," jelas Ganjar saat menghadiri acara pesta rakyat Ganjar-Mahfud di Lapangan Tamanagung Muntilan, Magelang, Rabu (7/2/2024), dikutip dari TribunJogja.com.

BERITA REKOMENDASI

Meski demikian, kata Ganjar, Presiden juga perlu memastikan agar seluruh aparat negara untuk dapat bersikap netral.

Sebagaimana diketahui, berapa waktu lalu, Presiden Jokowi menyatakan, dirinya selaku Kepala Negara boleh berkampanye dan berpihak dalam Pemilu 2024, hingga dikritik oleh berbagai pihak.

Jusuf Kalla Puji Sikap Jokowi

Senada dengan Ganjar, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) menyambut positif pernyataan Presiden Jokowi tersebut.

Menurutnya, hal yang dilakukan Presiden Jokowi itu sudah bagus.

Baca juga: Jokowi Nyatakan Tak Akan Kampanye, Cak Imin: Bagus, Ada Kesadaran

"Ya baguslah, saya bilang enggak kampanye itu ya baguslah," kata JK di kediamannya kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024).

JK menjelaskan, apabila Presiden Jokowi ingin turut serta berkampanye, maka seharusnya terlebih dahulu mendaftar sebagai tim sukses ke Komisi Pemilhan Umum (KPU).

"Kalau mau kampanye daftar dulu ke KPU, mendaftar sebagai tim suksesnya dari pada nomor 2, daftar dulu."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas