Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres Berharap Pilkada 2024 Berjalan Jurdil, Seluruh Pihak Diminta Junjung Nilai Demokrasi

Wapres Ma'ruf Amin berharap agar Pilkada 2024 untuk menentukan gubernur, wali kota hingga bupati bisa berjalan dengan jujur dan adil.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Wapres Berharap Pilkada 2024 Berjalan Jurdil, Seluruh Pihak Diminta Junjung Nilai Demokrasi
Istimewa
Wakil Presiden RI Maruf Amin. Ma'ruf Amin berharap agar pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 untuk menentukan gubernur, wali kota hingga bupati bisa berjalan dengan jujur dan adil. Kata Wapres Ma'ruf, sejatinya pilkada yang dijadwalkan digelar pada November 2024 itu bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin berharap agar pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 untuk menentukan gubernur, wali kota hingga bupati bisa berjalan dengan jujur dan adil.

Kata Wapres Ma'ruf, sejatinya pilkada yang dijadwalkan digelar pada November 2024 itu bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

"Saya kira supaya (pilkada) dilaksanakan dengan baik, dengan demokratis, dengan jurdil (jujur dan adil). Semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang ada," imbau Wapres dalam keterangan resminya, Jumat (1/3/2024).

Menurut Wapres, apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi maka diharapkan prosesnya akan berjalan sesuai dengan harapan.

Terlebih kata dia, Indonesia sudah beberapa kali menggelar pemilu, mulai dari pilpres, pileg hingga pilkada.

"Kalau itu (pilkada jurdil) terjadi, saya kira akan aman, mudah-mudahan. Kita sudah berkali-kali (menghadapi) Pileg, Pilpres, Pilgub, Pilbup, itu sebenarnya sudah beberapa kali," katanya.

Dengan pengalaman penyelenggaraan Pemilu yang sudah dilalui Indonesia selama ini tersebut, Wapres berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam menjaga situasi aman pesta demokrasi tersebut. 

Baca juga: Kaesang Belum Cukup Umur Jika Maju Pilkada DKI, Pengamat: Bisa Dimainkan Lagi di MK

BERITA REKOMENDASI

Dirinya juga menegaskan kalau sejatinya seluruh pihak, mulai dari tingkatan penyelenggara hingga aparat keamanan bisa menjunjung nilai demokrasi.

Dalam artian kata Wapres, jangan ada pihak-pihak yang justru dengan sengaja mewarnai pesta demokrasi dengan hal yang melanggar aturan.

"Karena itu, situasi kondusif yang pernah kita lakukan dan baik, itu harus kita jaga. Jangan kemudian diwarnai dengan hal –hal yang tidak baik," tukas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas