Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peneliti Indikator Politik Sebut Suara PSI Saat Ini Masih Masuk Margin of Error Quick Count

Peneliti Indikator Bawono Kumoro menilai, perolehan suara sementara PSI dalam real count KPU masih masuk dalam margin of error hasil quick count.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Peneliti Indikator Politik Sebut Suara PSI Saat Ini Masih Masuk Margin of Error Quick Count
Tribunnews.com/Istimewa
Pengamat politik sekaligus peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti dari Lembaga Survei Indikator Politik Bawono Kumoro menilai, perolehan suara sementara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam real count Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) masih masuk dalam margin of error hasil quick count atau hitung cepat pihaknya.

Dimana perolehan suara PSI dalam real count KPU menuai sorotan usai melonjak dalam waktu beberapa hari kemarin.

Hingga kini perolehan suara PSI mencapai 3,13 persen.

Sementara, dalam hasil quick count yang dilakukan Indikator Politik, PSI mendapatkan perolehan suara 2,65 persen yang diambil dari 3.000 sampel tempat pemungutan suara (TPS).

"Margin of error (MoE) kalau di kami (Indikator) dengan mengambil 3.000 TPS MoE nya 0,54 jadi kalau dilihat posisi PSI pada hari ini 3,13 persen itu kan masih masuk dalam margin of eror 0,54 persen," kata Bawono kepada Tribunnews, Senin (4/3/2024).

Baca juga: PKS Tak Khawatir Suara PSI Melonjak di Sirekap KPU: Yang Mesti Diwaspadai Rekap Manual

Tak hanya dari Indikator Politik, Bawono juga menyatakan kalau perolehan quick count atau hitung cepat dari lembaga survei lainnya juga menempatkan PSI pada angka yang hampir serupa.

BERITA TERKAIT

Dirinya mengambil contoh hasil quick count yang dilakukan oleh lembaga Poltracking, dimana PSI di lembaga survei itu mendapatkan perolehan 2,89 persen.

"Lembaga-lembaga survei lain menempatkan PSI itu di 2,89 ada Poltracking misalnya di quick count gitu," kata dia.

Dengan begitu, Bawono menilai kalau perolehan suara PSI saat ini di real count KPU RI adalah masih masuk dalam margin of error lembaga survei.

Adapun margin of error itu merupakan rentang angka yang sejatinya tidak terhitung dari proses pengambilan sampel.

Baca juga: KPU Lanjutkan Rekapitulasi Penghitungan Suara Taipei, Ditemukan PSI Kelebihan 5 Suara

Dengan adanya margin of error tersebut, maka bisa saja perolehan suara suatu parpol lebih tinggi atau lebih rendah pada saat penghitungan hasil akhir.

"Jadi di quick count kami 2,65 (Perolehan PSI) margin of eror 0,54 persen, margin of eror itu artinya suara perolehan itu bisa lebih dari 2,65 lebih tinggi 0,54 dari posisi itu, atau bisa juga lebih rendah 0,54 persen, itu maksud margin of error," kata dia.

Karenanya, sejatinya yang perlu dilakukan saat ini adalah publik menunggu hasil akhir dari penghitungan atau rekapitulasi suara nasional yang sedang dilakukan oleh KPU RI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas