Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erina Gudono Dinilai Punya Kans Besar Maju di Pilkada Sleman Karena Akses Kekuasaan

Erina sangat berpeluang karena mempunyai akses kekuasaan yang dimiliki mertuanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Erina Gudono Dinilai Punya Kans Besar Maju di Pilkada Sleman Karena Akses Kekuasaan
YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat
Erina Gudono bersama suaminya Kaesang Pangarep. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, sangat berpeluang untuk maju sebagai calon bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sleman 2024.

Dedi mengatakan Erina sangat berpeluang karena mempunyai akses kekuasaan yang dimiliki mertuanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).




"Peluang semua keluarga Jokowi sangat besar, bukan karena kapasitas tetapi karena akses kekuasaan," kata Dedi kepada Tribunnews.com, Minggu (10/3/2024).

Dia mencotohkan ketika putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka diloloskan sebagai calon wakil presiden (cawapres) dengan mengubah aturan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Istri Kaesang, Erina Gudono Masuk Radar Pilkada Sleman, Menantu Jokowi dan Popularitas Modal Utama

Terkini, kata dia, ada dugaan penggelembungan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin putra bungsu Jokowi, Kaesang.

"Tentu kita sedang alami sendiri bagaimana Gibran yang penuh liku, mulai dari manuver di MK, hingga kekacauan KPU dalam penghitungan suara, juga soal drastisnya peningkatan suara PSI," ujar Dedi.

BERITA TERKAIT

"Dari semua catatan itu, andai cucu Jokowi diajukan sebagai kepala daerah sekalipun, peluangnya besar," ucapnya menambahkan.

Di samping itu, Dedi mengungkapkan kemungkinan Erina akan diusung Partai Gerindra dalam Pilkada Sleman.

Menurutnya, Gerindra merasa berutang besar kepada Jokowi karena telah memenangkan Prabowo Subianto.

Karenanya dia meyakini apapun yang akan diminta Presiden Jokowi pasti diakomodasi Gerindra.

"Terlebih dari sisi partai pengusung, Gerindra tentu telah terkondisikan merasa berhutang besar pada Jokowi, sehingga apapun yang diminta Jokowi besar kemungkinan akan diakomodasi Gerindra," imbuh Dedi.

Sebelumnya, Gerindra mengungkapkan nama Erina Gudono masuk dalam bursa bakal calon bupati Pilkada Kabupaten Sleman 2024.

"Semua itu kan ada wacana-wacana, terutama internal dulu yang diajukan lalu memandang yang lain. Nanti kira-kira survei masuk atau tidak," kata Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana, Sabtu (9/03/2024).

Sukaptana menyampaikan salah satu nama yang muncul dari masukan internal adalah Erina Gudono.

"Iya (Erina Gudono) masuk. Saya kan dari DPC, nah DPC itu kan sesuai tingkatnya, DPC nanti kami laporan DPD. Nah, DPP itu punya wacana juga, misalkan nama Mbak Erina Gudono dimasukan dalam bursa tersebut," jelasnya.

Nama-nama dari kader internal Gerindra yang dimunculkan, ada Lisman Pujakusuma, Danang Wicaksana Sulistya, dan termasuk HR Sukaptana.

"Iya, (nama-nama itu) masih dalam penjajakan dulu semua," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas