Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lagi, MK Singgung Naiknya Suara Golkar, Kali ini Airlangga Dikaitkan sebagai Ketua PEN 

Dua kali hakim MK singgung perolehan suara Partai Golkar yang naik signifikan dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024 di hadapan Airlangga Hartarto.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Lagi, MK Singgung Naiknya Suara Golkar, Kali ini Airlangga Dikaitkan sebagai Ketua PEN 
Tribunnews/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian. Dua kali hakim MK singgung perolehan suara Partai Golkar yang naik signifikan dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024 di hadapan Airlangga Hartarto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menyinggung perolehan suara Partai Golkar yang naik signifikan dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Hal ini disampaikan di hadapan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) sengketa Pilpres 2024, Jumat (5/4/2024).

Airlangga hadir memberikan keterangan mengenai dugaan bantuan sosial (bansos) digunakan untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Hakim konstitusi, Daniel Yusmic Foekh menanyakan Airlangga soal ditunjuk sebagai Ketua Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada 2021.

"Di mana realisasi pemulihan ekonomi nasional itu sampai 11 Mei kalau tidak salah 2021 mencapai 172,35 triliun," kata Daniel di ruang sidang MK, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Daniel menanyakan kepada Airlangga apakah saat ini masih menjabat sebagai Ketua PEN karena dianggap memiliki korelasi dengan perolehan suara Partai Golkar.

"Karena tadi apa yang disampaikan Yang Mulia Prof. Arief (Arief Hidayat, hakim konstitusi) seolah-olah ada korelasinya karena jabatan bapak ini kemudian suara Partai Golkar naik signifikan," ujarnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pada sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Sidang lanjutan tersebut beragendakan mendengarkan keterangan empat menteri yaitu Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkeu dan Mensos serta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). TRIBUNNEWS/KOMPAS TV
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pada sidang lanjutan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024). Sidang lanjutan tersebut beragendakan mendengarkan keterangan empat menteri yaitu Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkeu dan Mensos serta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). TRIBUNNEWS/KOMPAS TV (Kompas TV/)
BERITA TERKAIT

Sementara, hakim konstitusi, Arief Hidayat menyebut bahwa dalam berbagai diskusi ternyata penyaluran bansos lebih berefek pada Pileg.

"Tapi ternyata dari berbagai diskusi, bansos itu elektoral lebih berkaitan dalam persidangan ini muncul lebih berkaitan elektoral pada Pileg legislatif," ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Dia pun meminta Airlangga Hartarto untuk menjelaskan mengenai perolehan suara Partai Golkar yang mengalami naik pesat.

"Nah ini mungkin Pak Airlangga nanti bisa jelaskan. Jadi partai yang naik pesat suaranya adalah Golkar. Nah ini yang mungkin nanti bisa direspon," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas