Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elite PKB Ngaku Sudah Menyiapkan Kader Mumpuni untuk Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Diketahui DPW PKB Jakarta menjadi yang pertama usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Elite PKB Ngaku Sudah Menyiapkan Kader Mumpuni untuk Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Anies Baswedan saat ditemui di Jakarta Fair 2024, Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/6/2024) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PKB, Luluk Nur Hamidah mengungkapkan bahwa partainya sudah menyiapkan pendamping mempuni untuk Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Diketahui DPW PKB Jakarta menjadi yang pertama usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Sohibul Iman Digadang Cuma jadi Daya Tawar PKS untuk Pilkada Jakarta 

"Soal Calon Wakil Gubernur, PKB juga menyiapkan kader yang mumpuni mendampingi beliau (Anies) di Jakarta,"  kata Luluk kepada Tribunnews.com, Senin (24/6/2024).

Meski begitu kata Luluk, semua perkembangan hari ini bagian dari dinamika Pilkada Jakarta yang magnetnya tidak surut meski sudah ada UU DKJ. 

"Jakarta tetap memiliki posisi penting dan seksi dan tetap akan diperebutkan banyak pihak. Nggak kurang dari anak presiden yang lain," terangnya.

Baca juga: Surya Paloh Sebut NasDem Belum Tentu Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Luluk juga menuturkan partainya tak khawatir bersaing di Pilkada Jakarta 2024. Ia mengatakan akan menjaga silahturahmi dengan partai lainnya untuk mencari formasi yang terbaik.

BERITA TERKAIT

"PKB tidak khawatir, insyaallah kami akan saling menjaga silaturahim politik dengan baik. Sambil mencari formula terbaik dan maslahah untuk semua, khususnya bagi rakyat Jakarta," terangnya.

Sebelumnya, DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajukan nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta 2024.

Demikian diungkapkan Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri berbicara mengenai dinamika internal partainya menghadapi Pilkada Jakarta.

"Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ungkap Mabruri dalam keterangannya kepada wartawan Minggu (23/6/2024).

Mabruri menyebut, bahwa Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. 

Baca juga: PKS Ajukan 2 Syarat ke Anies Baswedan Jika Ingin Diusung di Pilkada Jakarta

Adapun Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. Dibawah kepemimpinannya, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77 persen) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019. 

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik. terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029 dan sempat memimpin DPR RI sebagai Wakil Ketua DPR," ucap Mabruri. 

Sebelum terjun di dunia politik, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan Muslim. 

Sohibul lama berkecimpung dalam bidang teknologi di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) KEMENRISTEK RI. 

Dia juga pernah memimpin Universitas Paramadina sebagai Rektor, dan memimpin berbagai lembaga nirlaba yang fokus pada pengembangan inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia strategis.

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal, politisi yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,” tandas Mabruri.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas