Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasto Ungkap Komunikasi PDIP Intens dengan PKB, Bangun Koalisi Usung Cagub-Cawagub di Jatim

PDIP tengah menjalin komunikasi intens dengan PKB untuk membangun kesepakatan dalam mengusung calon di Pilgub Jawa Timur.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Hasto Ungkap Komunikasi PDIP Intens dengan PKB, Bangun Koalisi Usung Cagub-Cawagub di Jatim
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga saat ditemui di kawasan GBK, Jakarta, Minggu (30/6/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDIP tengah menjalin komunikasi intens dengan PKB untuk membangun kesepakatan dalam mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jawa Timur pada Pilkada 2024 mendatang. 

“Proses komunikasi secara intens yang dilakukan dengan PKB. Pak Ahmad Basarah, Pak Aria Bima yang melakukan komunikasi,” kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto saat ditemui di kawasan GBK, Jakarta, Minggu (30/6/2024) 

“Dan tentu saja Pak Said Abdullah sebagai Ketua DPD sangat aktif melakukan dialog-dialog di dalam membangun kesepakatan terhadap calon gubernur dan wakil gubernur di Jawa Timur,” sambungnya.

Dalam pemilu legislatif, PKB tercatat sebagai partai pemenang di Jatim. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini pun otomatis mendapat jatah pimpinan di DPRD Jatim. 

Di Jatim, PKB menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi dengan perolehan 4.517.228 suara. 

Di DPRD Jatim, suara tersebut berhasil dikonversi dengan 27 kursi DPRD Jatim. Jumlah itu mengalami kenaikan jika dibanding Pemilu 2019 yang mendapatkan 4.380.739 suara (25 kursi

BERITA TERKAIT

Hasto menyatakan pihaknya menghormati PKB selaku pemenang di Jatim dan hal itu ia sebut sebagai pertimbangan peta politik PDIP.

“Ya kami memang menghormati Jatim, gimana PKB sebagai pemenang pileg tingkat provinsi di Jawa Timur. Ini adalah peta politik yang menjadi konsideran bagi PDI Perjuangan di dalam mengambil keputusan,” pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas