Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKS Tutup Pintu Buat Kaesang Koalisi di Pilkada Jakarta: Asal Mau Dukung Anies-Sohibul Iman

Iqbal mengatakan, Kaesang dan PSI ikut mengusung pasangan Anies-Sohibul Iman jika ingin berkoalisi dengan PKS di Pilkada Jakarta 2024.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in PKS Tutup Pintu Buat Kaesang Koalisi di Pilkada Jakarta: Asal Mau Dukung Anies-Sohibul Iman
Kolase Tribunnews/Ist
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dari PKS, Anies Baswedan - Sohibul Iman 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru bicara PKS Muhammad Iqbal merespons pernyataan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, yang buka pintu berkoalisi dengan partai politik lain dalam pencalonan kepala daerah di Pilkada Jakarta 2024.

Iqbal mengatakan, Kaesang dan PSI ikut mengusung pasangan Anies-Sohibul Iman jika ingin berkoalisi dengan PKS di Pilkada Jakarta 2024.

“Asal dukungan Anies-Sohibul Iman, PKS terbuka dengan partai manapun. Serta memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun Jakarta,” kata Iqbal, Jumat, (5/7/2024).

Diketahui, nama Kaesang Pangarep sendiri masuk dalam bursa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024 dan Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menangapi kemungkinan partainya berkoalisi dengan PKS di Pilkada Jakarta 2024.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo ini mengatakan, partainya di Pilkada Jakarta 2024 masih membuka pintu koalisi dengan semua partai politik.

BERITA TERKAIT

“Kita selalu membuka, kita selalu membuka dengan siapapun. Kan kami membuka, kalau mereka menutup ya nggak apa-apa,” kata Kaesang kepada awak media di Jakarta Utara, Jumat (5/7/2024).

Baca juga: Puan Maharani: PDIP Bisa Saja Usung Bobby Nasution di Pilkada Sumut

Kemudian ia menegaskan bahwa partainya berkomunikasi dengan semua partai politik di Pilkada Serentak 2024.

“Ya semua (Parpol) kami komunikasi dengan semua partai, saya kan ketua umum Partai Solidaritas Indonesia,” tegasnya.

Diketahui Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu resmi mengumumkan sosok yang akan didukungnya di Pilkada Jakarta 2024. Nama tersebut tidak lain Gubernur Jakarta petahana, Anies Baswedan dan kadernya Sohibul Iman.

Pengumuman itu disampaikan Syaikhu saat memberikan sambutan acara Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPP PKS sebagai pembekalan kepada seluruh Calon Anggota Dewan Terpilih DPR RI dan DPRD Provinsi se-Indonesia di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

Syaikhu menjelaskan keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan usulan dari DPW PKS Jakarta. Selain itu, mereka juga mendengarkan dari berbagai masukan para tokoh, ulama, habib, tokoh tokoh lintas agama yang datang ke DPP PKS.

"Maka dewan pimpinan pusat (DPTP) PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024, telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Mohammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur. Siap berjuang memenangkannya? Allahuakbar, merdeka," ucap Syaikhu.

Baca juga: Kala Peluang Duet Anies-Sohibul Iman Makin Tipis saat PKB Justru Dukung Anies-Andika di Pilkada DKI

Ia pun juga sempat mengungkap singkatan yang pas untuk duet Anies dan Sohibul Iman. Singkatan itu tidak lain adalah AMAN.

"Kami meyakini pasangan Anies-Sohibul Iman, ada yang sudah mereka-reka juga singkatannya. AMAN katanya. Nanti terserah lah apa namanya. Yang memiliki kualifikasi yang mumpuni, serasi dan bisa saling melengkapi untuk memimpin DKI Jakarta," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas