Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Wagubnya Sendiri, Hermawi Taslim: Asal Jangan dari Kader Kami

Anies Baswedan diberikan kebebasan oleh Partai NasDem dalam menentukan sendiri siapa sosok calon wakil gubernurnya.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Wagubnya Sendiri, Hermawi Taslim: Asal Jangan dari Kader Kami
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Hermawi Taslim (kedua dari kanan) saat mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024, di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Hermawi Taslim menyatakan, Anies Baswedan diberikan kebebasan oleh Partai NasDem dalam menentukan sendiri siapa sosok calon wakil gubernurnya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Hermawi, usai NasDem secara resmi menyatakan mengusung Anies Baswedan kembali berlaga di Pilkada Jakarta 2024.

Akan tetapi, Hermawi menyatakan, ada satu syarat yang harus dilakukan Anies dalam menetapkan cawagub, yakni bukan kader NasDem.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan sepenuhnya untuk menentukan siapa wakilnya dengan satu syarat wakil itu tidak boleh dari partai NasDem," kata Hermawi saat jumpa pers di NasDem Tower, Senin (22/7/2024).

Lebih lanjut, Hermawi juga menyatakan, pihaknya memberikan tenggat waktu kepada Anies Baswedan dalam mendeklarasikan diri sebagai pasangan cagub dan cawagub untuk Pilkada Jakarta.

Adapun tenggat waktu itu diberikan NasDem paling lambat pada 22 Agustus 2024, atau beberapa hari sebelum masa terkahir pendaftaran kontestan Pilkada ke KPU RI yakni pada 27 Agustus 2024.

BERITA TERKAIT

"Kemudian kita juga tadi tetapkan deklarasi dengan pasangan, ya pak Anies dengan pasangannya siapa nanti beliau akan jelaskan, selambat-lambatnya tanggal 22 agustus 2024," kata dia.

"Tapi bisa lebih cepat (lebih baik) kalau pak Anies bisa menyelesaikan PR nya dalam waktu tiga hari, berarti tanggal 25 dan seterusnya kira-kira seperti itu," tandas Hermawi.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh secara resmi mengusung nama Anies Rasyid Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Adapun pengusungan NasDem untuk Anies itu untuk kembali maju sebagai bakal calon gubernur (cagub).

Keputusan tersebut ditetapkan dalam rapat tertutup yang digelar oleh Pimpinan DPP NasDem dan Ketua DPW NasDem Jakarta Wibi Andrino.

"Bahwa menyepakati untuk Pilkada DKI, Pak Surya Paloh memimpin rapat langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024).

Hermawi mengatakan, sejatinya NasDem memang telah menargetkan deadline untuk mengumumkan nama yang bakal diusung di Pilkada Jakarta pada 31 Juli mendatang.

Baca juga: Makin Mesra dengan PKB 37 Hari Jelang Pendaftaran, Anies Santai Belum Punya Tiket di Pilgub Jakarta

Akan tetapi, Hermawi menyebut, kalau ternyata pembahasan dan keputusan itu telah disepakati lebih cepat.

"Kapan kami deadline untuk memutuskan? Tanggal 31 Juli, namun sore ini telah membulatkan tekad," kata Hermawi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas