Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kata PDIP soal Mutasi Ahmad Luthfi Terkait Pencalonan di Pilkada Jateng: Intervensi Pemerintah Nyata

PDIP menilai mutasi yang dialami Ahmad Luthfi berkaitan dengan Pilkada Jateng 2024. Hal ini dianggap sebagai wujud intervensi pemerintah.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kata PDIP soal Mutasi Ahmad Luthfi Terkait Pencalonan di Pilkada Jateng: Intervensi Pemerintah Nyata
Istimewa
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat Rapat Lintas Sektoral Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 melalui vicon, pada Sabtu (19/12/2020). PDIP menilai mutasi yang dialami Ahmad Luthfi berkaitan dengan Pilkada Jateng 2024. Hal ini dianggap sebagai wujud intervensi pemerintah. 

TRIBUNNEWS.COM - Politisi PDIP, Guntur Romli, menilai mutasi Irjen Ahmad Luthfi dari Kapolda Jawa Tengah menjadi Irjen Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkaitan dengan pencalonannya sebagai cagub di Pilkada Jateng 2024.

Guntur Romli juga menilai dimutasinya Ahmad Luthfi menjadi Irjen Kemendag adalah skenario dari Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, untuk kebutuhan Pilkada Jateng 2024.

Menurutnya, hal ini menunjukan adanya intervensi dari pemerintah dalam Pilkada Jateng.

"Skenario itu kan (mutasi Ahmad Luthfi) sudah lama disampaikan oleh Zulhas sebagai Mendag. Ini bentuk intervensi pemerintah yang nyata," kata Guntur Romli kepada Tribunnews.com, Minggu (28/7/2024).

Guntur Romli pun menduga Ahmad Lutfhi disiapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kroninya untuk menyingkirkan PDIP di Jawa Tengah.

"Bahwa Jokowi dan geng-nya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk menyingkirkan PDI Perjuangan dari Jawa Tengah. Jokowi, geng-nya dan pemerintah sepertinya akan habis-habisan memenangkan Ahmad Luthfi di Jateng," ujarnya.

Kendati demikian, dia menegaskan partai berlambang banteng itu tidak gentar untuk menghadapi Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng.

BERITA REKOMENDASI

Dia pun menuturkan, mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) TNI Andika Perkasa menjadi calon terkuat untuk menghadapi mantan Kapolresta Solo tersebut.

"Andika Perkasa calon terkuat (di Pilkada Jateng 2024) meski belum diputuskan. PDI Perjuangan yakin dengan kekuatan marhaen dan wong cilik di Jateng," tegasnya.

Lebih lanjut, Guntur Romli mengatakan mutasi Ahmad Luthfi ini menjadi salah satu contoh adanya intervensi Jokowi dalam Pilkada 2024.

"Intervensi Jokowi di Pilkada ini kan sudah terang benderang, seperti halnya intervensinya di Pilpres yang penuh kecurangan TSM (terstruktur, sistematis, dan masif)," katanya.

Baca juga: Kapolri Mutasi Irjen Ahmad Luthfi dari Jabatan Kapolda Jateng Jadi Pati Itwasum di Kemendag

Mutasi Ahmad Luthfi Jadi Irjen Kemendag Sudah Diusulkan Zulhas Bulan Lalu

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran di jajaran Kapolda dan Kapolres.

Salah satu perwira tinggi (pati) yang turut dimutasi adalah Irjen Ahmad Luthfi.

Dalam Surat Telegram Kapolri yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (27/7/2024), Irjen Ahmad Luthfi dimutasi dari Kapolda Jateng menjadi Pati Itwasum Polri pada Penugasan di Kemendag).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas