Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KIM Plus Usung Calon di Pilkada Jateng, Jabar & Jakarta, Ridwan Kamil Berpeluang Diusung di Jakarta

Gerindra mengungkap akan adanya kerjasama partai-partai yang tergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di Pilkada Jateng, Jabar dan Jakarta.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in KIM Plus Usung Calon di Pilkada Jateng, Jabar & Jakarta, Ridwan Kamil Berpeluang Diusung di Jakarta
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kurator Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews di Kantor Tribun Network, Jakarta, Selasa (28/5/2024). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN | Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengungkap akan adanya kerjasama partai-partai yang tergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di beberapa Pilkada 2024 mendatang. Di antaranya yakni di Pilkada Jakarta, Pilkada Jawa Tengah (Jateng), hingga Pilkada Jawa Barat (Jabar). Terbaru, untuk Pilkada Jakarta sendiri, dikabarkan Ridwan Kamil lah yang akan diusung untuk memperebutkan kursi DKI 1. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengungkap akan adanya kerjasama partai-partai yang tergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di beberapa Pilkada 2024 mendatang.

Di antaranya yakni di Pilkada Jakarta, Pilkada Jawa Tengah (Jateng), hingga Pilkada Jawa Barat (Jabar).

"Ada Jawa Tengah, ada DKI kan begitu, Jawa Tengah," kata Dasco, sesuai menghadiri acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Perindo 2024 di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Meski demikian, Dasco tak mau mengungkap lebih lanjut terkait sosok siapa saja yang dipilih KIM Plus untuk diusung di Pilkada Jakarta, Jateng, dan Jabar.

Dasco menyebut, nama-nama yang akan diusung KIM Plus ini akan dibahas terlebih dahulu bersama partai koalisi.

Selain itu KIM Plus juga masih harus menunggu kehadiran Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto yang masih disibukkan dengan lawatan luar negeri.

"Ini menunggu Pak Prabowo pulang. Akan ada pertemuan dari partai-partai koalisi. Koalisi Plus, Koalisi Indonesia Maju Plus," terang Dasco.

Ridwan Kamil Diusung di Pilkada Jakarta

BERITA TERKAIT

Dari tiga daerah Pilkada 2024 ini, baru Pilkada Jakarta lah yang sudah muncul sosok calon yang akan diusung KIM Plus.

Yakni sosok Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang kian menguat peluangnya untuk diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga telah mengungkap hasil pembicaraan dengan Gerindra bahwa Ridwan Kamil lah yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Eks Gubernur Jabar itu dipilih untuk maju di Pilkada Jakarta usai Golkar memilih Eks Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk maju di Pilkada Jabar 2024.

"Kita sudah perkembangan tadi pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD Partai Golkar, dan juga DPD Gerindra."

Baca juga: Rencana KIM Plus di 3 Wilayah: Bagaimana Elektabilitas Pilkada DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah?

"Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga antara lain Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar, jadi pembicaraan sudah sampai sana."

"Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa. Masih nanya? Apalagi Jakartanya KIM Plus," kata Airlangga di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2024) malam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas