Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Golkar Ungkap Belum Ada Pembahasan Cawagub Ridwan Kamil di Jakarta: Masih OTW dari Bandung

Golkar sebut pembahasan Ridwan Kamil kemungkinan maju Pilkada Jakarta belum pada tahap sosok pasangan sebagai calon wakil gubernur.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Golkar Ungkap Belum Ada Pembahasan Cawagub Ridwan Kamil di Jakarta: Masih OTW dari Bandung
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil usai rapat pleno DPP Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (10/7/2024). Golkar sebut pembahasan Ridwan Kamil kemungkinan maju Pilkada Jakarta belum pada tahap sosok pasangan sebagai calon wakil gubernur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus menegaskan, pembahasan nama Wakil Ketua Umum Golkar Ridwan Kamil kemungkinan maju Pilkada Jakarta belum pada tahap sosok pasangan sebagai calon wakil gubernur.

Menurut dia, sejauh ini belum ada kesepakatan apapun terkait siapa yang nantinya mendampingi Ridwan Kamil jika benar maju di Jakarta.

Pernyataan itu disampaikan Lodewijk melanjutkan ungkapan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto soal potensi Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendorong Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, dalam acara HUT AMPI ke-46 tahun, Jumat (2/8/2024) malam.

"Kami masih tunggu, belum ada nama yang diusulkan (sebagai cawagub). Ridwan Kamil aja masih jalan dari Bandung. Setelah dia sampai (Jakarta) baru kita (KIM) ngomong," kata Lodewijk.

Kendati begitu, Lodewijk hanya bisa memastikan kalau pasangan untuk Ridwan Kamil jika nantinya benar maju di Pilkada Jakarta adalah bukan dari Golkar juga.

Pasalnya, partai berlogo pohon beringin itu tidak memenuhi syarat perolehan kursi DPRD Jakarta untuk mengusung pasangan cagub-cawagub dari partainya sendiri, atau dalam kata lain harus berkoalisi.

"Masalahnya kan Golkar kan tidak memenuhi kuota untuk mencalonkan sendiri," tandas dia.

BERITA TERKAIT

Diberitakan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus menyatakan terbuka kemungkinan Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan oleh Lodewijk menyusul ungkapan dari Airlangga Hartarto yang mengatakan kalau Golkar di Jawa Barat sudah temui kesepakatan dukung Dedi Mulyadi.

"Yang jelas tadi kan Ketum sudah sampaikan bahwa kita framenya kita adalah Koalisi Indonesia Maju. Tentunya disitu ada Partai Golkar, Gerindra, PAN, kemudian Demokrat. Nah itu yang kita utamakan. Jadi kita tidak ingin antara Koalisi Indonesia Maju, ya semaksimal mungkin kita barengan," kata Lodewijk saat ditemui awak media di Djakarta Theater, Jumat (2/8/2024) malam.

Baca juga: Pengamat Nilai Dukungan Golkar Untuk Dedy Mulyadi Maju Pilkada Jabar Bentuk Win-win Solution KIM

Dengan begitu, maka kata Lodewijk untuk di Jakarta, Golkar akan benar mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pilkada.

Bahkan kata Wakil Ketua DPR RI itu, slogan Ridwan Kamil on the way 'otw' Jakarta yang pernah mencuat beberapa hari lalu, akan benar terjadi.

"Ya itu yang kita, Pak Dedi di sana berarti OTW RK (ke Jakarta) jadi bener. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya," ujar dia.

Sementara perihal dengan pengumuman kapan Ridwan Kamil akan diusung di Pilkada Jakarta, Lodewijk menyebut dalam waktu dekat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas