Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Akademisi Unpar Sebut 2 Sosok Ini Ideal Mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Militansi Dedi Mulyadi bergerilya membangun basis dukungan di berbagai pelosok Jabar menjadi magnet bagi partai politik termasuk Golkar

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Akademisi Unpar Sebut 2 Sosok Ini Ideal Mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar
Tribunnews.com/ rizki sandi saputra
Pengamat Politik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Kristian Widya Wicaksono mengatakan kandidat calon wakil gubernur Dedi Mulyadi sebaiknya merepresentasikan aspirasi pemilih urban di Jabar 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Partai Golkar merekomendasikan empat nama pendamping Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024.

Empat nama itu adalah MQ Iswara (Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar), Atalia Praratya (istri Ridwan Kamil dan anggota DPR RI terpilih), Ade Ginanjar (Wakil Ketua DPRD Jabar periode 2019-2024) dan nama terakhir yakni Dadang Naser (Bupati Bandung dua periode).

Pengamat Politik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Kristian Widya Wicaksono mengatakan, sebenarnya sudah dapat diprediksi militansi Dedi Mulyadi bergerilya membangun basis dukungan di berbagai pelosok Jabar menjadi magnet bagi partai politik termasuk Golkar.

"Nama kandidat calon wakil gubernur saya kira sebaiknya yang merepresentasikan aspirasi pemilih urban di Jabar.

Sebab, Dedi Mulyadi sudah mewakili pemilih sub-urban dan rural (pinggiran) Jabar," katanya saat dihubungi, Minggu (4/8).

Baca juga: Golkar Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilgub Jabar, PDIP Siapkan Ono Surono 

Nama Atalia bisa menjadi opsi rasional untuk mendampingi Dedi Mulyadi.

Namun opsi lainnya yang cocok dengan karakteristik representasi masyarakat urban justru ada pada Bima Arya.

BERITA REKOMENDASI

"Saya pikir nama terakhir (Bima Arya) bisa diandalkan untuk merebut simpati masyarakat perkotaan yang cenderung memilih aristokrat dengan latarbelakang tingkat pendidikan yang tinggi," ujarnya.

 Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa 1, MQ Iswara mengakui jika ada beberapa nama dari internal Golkar yang akan dibahas untuk menjadi pendamping Dedi Mulyadi.

Hanya saja, Iswara masih enggan membeberkan nama-nama calon pendamping Dedi Mulyadi, karena masih dalam pembahasan partai koalisi.

"Wakilnya Pak Dedi Mulyadi dari Partai Golkar, ada beberapa nama yang jadi nominasi masih akan dibahas dan diputuskan oleh Ketua Umum Golkar dalam beberapa hari ke depan," ujar Iswara, Minggu (4/8).

Menurutnya, keputusan siapa sosok yang akan diusung sebagai calon wakil Gubernur bersama Dedi Mulyadi sepenuhnya merupakan hasil kesepakatan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Dan hari minggu ini akan dirapatkan juga di tim Pilkada Jabar untuk dilaporkan ke Ketua Umum," ucapnya.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menegaskan bahwa partainya mendukung mantan Bupati Purwakarta sekaligus kader Gerindra, Dedi Mulyadi untuk diusung sebagai bakal calon gubernur Pilkada Jabar 2024.

"Kita sudah perkembangan tadi pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD Partai Golkar, dan juga DPD Gerindra. Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi, dengan pengurus Golkar juga antara lain Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar, jadi pembicaraan sudah sampai sana," kata Airlangga ditemui di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (2/8). (nandri prilatama/nazmi abdurahman)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pengamat Unpar Sebut Atalia Praratya Paling Ideal Dampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas