Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bukan KIM Plus, Poros Gemuk Pengusung Ridwan Kamil-Suswono Bernama 'Koalisi Jakarta Baru'

Secara tegas, Muzani menyatakan seluruh partai yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju ini harus menyamakan tujuan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Bukan KIM Plus, Poros Gemuk Pengusung Ridwan Kamil-Suswono Bernama 'Koalisi Jakarta Baru'
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah pimpinan partai politik Koalisi Indonesia maju atau KIM plus Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, Sekjen NasDem Hermawi Taslim, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka, Sekjen PPP Arwani Thomafi , Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Plt Sekjen Garuda Ihsan Jauhari dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi mendeklarasikan dukungan untuk pasangan bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024). Bakal pasangan Ridwan Kamil-Suswono didukung oleh Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, Gelora, dan Garuda yang disebut KIM. Partai lain yang memberikan dukungan yakni PKS, PKB, NasDem, PPP, dan Perindo, maka disebut KIM plus. Selanjutnya, Ridwan Kamil-Suswono akan mendaftar sebagai bakal pasangan calon Pilgub Jakarta. Pendaftaran bakal calon Pilkada 2024 dibuka pada tanggal 27-29 Agustus 2024. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Poros 'gemuk' gabungan 12 partai politik telah secara resmi menyatakan deklarasi pengusungan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan nama dari koalisi gemuk tersebut.

Saat memimpin pembacaan deklarasi dukungan, Ahmad Muzani tidak menyebutkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sebagai nama koalisi untuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono ini.

Muzani menyampaikan nama baru yakni Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju.

"Piagam pernyataan dukungan dengan mengharap rahmat Allah SWT, pada hari ini Senin 19 Agustus 2024 kami partai politik yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan untuk mengusung  Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dan Suswono sebagai calon wakil gubernur pada Pilkada DKJ Jakarta 2024," kata Muzani saat membacakan deklarasi di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, Senin.

Secara tegas, Muzani menyatakan seluruh partai yang tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju ini harus menyamakan tujuan.

BERITA TERKAIT

Adapun tujuannya yakni memenangkan Ridwan Kamil-Suswono yang notabenenya akan menjadi kandidat kuat di Pilkada Jakarta 2024.

"Serta siap memenangkan pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono menjadi gubernur DKJ periode 2024-2029," tandas dia.

Baca juga: Menerka Peluang Anies Baswedan di Pilkada Jakarta usai KIM Plus Resmi Usung Ridwan Kamil-Suswono

Sebagai informasi, pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono sudah secara resmi dideklarasikan, di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Adapun pasangan tersebut didukung oleh Koalisi gemuk yang tergabung dari 12 partai politik.

Deklarasi pengusungan terhadap Ridwan Kamil-Suswono ini ditandai dengan tanda tangan dari para sekjen 12 partai politik itu.

Kedua belas partai politik yang dimaksud yakni, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PKS, PKB, NasDem, PPP, Perindo, Garuda, Gelora, PSI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas