Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nasib Airin usai Pilih PDIP Demi Maju Pilgub Banten, Waketum Golkar: Kami akan Rapat Khusus

Usai menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Tangerang, istri Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) itu memilih bergabung ke Golkar pada 2010.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Nasib Airin usai Pilih PDIP Demi Maju Pilgub Banten, Waketum Golkar: Kami akan Rapat Khusus
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ace Hasan Syadzily saat ditemui di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (26/8/2024).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petinggi DPP Partai Golkar akan segera menggelar rapat khusus untuk menentukan nasib kadernya, Airin Rachmi Diany, yang memilih maju sebagai bakal Calon Gubernur Banten 2024 lewat PDI Perjuangan.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan, rapat khusus itu dilakukan lantaran Golkar telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Andra Soni - Dimyati Natakusumah pada Pilgub Banten 2024, dan telah menyerahkan formulir B1-KWK sebagai dokumen dukungan parpol untuk pendaftaran di KPU.




“Tentu terkait dengan langkah-langkah beliau, kami akan rapatkan secara khusus mengenai perkembangan lebih lanjut dari langkah yang dilakukan oleh ibu Airin,” kata Ace saat ditemui di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (26/8/2024).

Namun Ace mengatakan, secara prinsip, Golkar tidak bisa mengintervensi hak politik dari Airin untuk maju menjadi calon gubernur, meski lewat dukungan partai politik lain. Golkar menghormati hak politik mantan Wali Kota Tangerang Selatan tersebut.

“Kami harus sampaikan bahwa hak Ibu Airin untuk menentukan pilihan apakah beliau akan maju atau tidak. Kami menghormati terhadap pilihan Ibu Airin untuk maju sebagai calon gubernur dari partai lain,” katanya.

Airin Besar di Golkar Pilih PDIP Demi Maju Pilgub Banten usai 'Terbuang'

DPP PDIP secara resmi memberikan dukungan untuk Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilgub Banten 2024.

BERITA TERKAIT

Hal ini diumumkan langsung Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (26/8/2024).

"Dari Provinsi Banten Ibu Airin Rachmi Diany, tepuk tangan yang meriah. Didampingi oleh Ade Sumardi Ketua DPD PDIP Banten," kata Hasto.

Baca juga: PDIP Buka Kemungkinan Umumkan Bakal Calon Gubernur Jakarta Last Minute, Bagaimana Nasib Anies?

Pengumuman ini disaksikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan jajaran DPP PDIP di antaranya Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey, Said Abdullah, Rudianto Tjen.

Kemudian, Yuke Yurike, Yoseph Aryo Adhie Darmo, Komaruddin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Deddy Sitorus, Adian Napitupulu hingga Basuki Tjahaja Purnama.

Hadir pula putra Megawati yang juga Ketua DPP DPIP bidang Ekonomi Kreatif, Prananda Prabowo, Menseskab yang juga kader PDIP, Pramono Anung, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, serta eks Menkumham Yasonna Laoly.

Setelah pembacaan, perwakilan calon kepala daerah yang diusung menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP PDIP. Megawati menyerahkan langsung SK tersebut kepada calon kepala daerah.

Baca juga: Megawati Tunjuk-tunjuk Airin saat Pengumuman Cakada PDIP: Airin, Ngomong yang Keras!

Terdakwa kasus tindak pidana pencucian uang dan korupsi Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (20/1/2020). Sidang tersebut beragendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus tindak pidana pencucian uang dan korupsi Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (20/1/2020). Sidang tersebut beragendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum KPK. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Diketahui, Airin meniti karier politik lewat Partai Golkar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas