Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maju di Pilkada Jakarta, Pramono Anung Belum Mundur dari Kabinet Jokowi

Pramono Anung menyatakan belum memutuskan mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo terkait keputusannya maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Maju di Pilkada Jakarta, Pramono Anung Belum Mundur dari Kabinet Jokowi
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan belum memutuskan mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terkait keputusannya maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jakarta 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan belum memutuskan mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini terkait keputusannya maju sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jakarta 2024.




Pramono menjelaskan, Undang-undang sudah mengatur mengenai ketentuan pejabat negara ketika maju dalam kontestasi.

"Sesuai dengan Undang-undang sudah diatur, bahwa yang namanya pejabat negara ketika mulai melakukan kampanye pilihannya dua. Apakah dia cuti, apakah dia mengundurkan diri," kata Pramono di kediamannya, Jalan Haji Ambas, Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2024).

Baca juga: Jalan Salemba Raya Padat Merayap Jelang Kedatangan Pramono Anung-Rano Karno di KPU DKI

Politikus senior PDI Perjuangan (PDIP) ini memastikan sudah berkomunikasi dengan Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Dan ini sudah saya sampaikan kepada Bapak Presiden dan Pak Mensesneg, ini kan masih tanggal 27 September baru ditetapkan," ujar Pramono.

BERITA TERKAIT

Pramono menuturkan, dirinya akan tetap bekerja seperti biasanya di Pemerintahan Jokowi. Lagi pula, belum memasuki masa kampanye.

"Saya akan bekerja seperti biasa dan saya akan bekerja seperti biasa untuk mulai keliling tidak kampanye, memperkenalkan diri. Door to door dari hati ke hati," ucapnya.

Tak Perlu Mundur

Sementara itu Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata mengungkapkan bakal pasangan calon kepala daerah yang saat ini masih menduduki jabatan di pemerintahan tidak harus mengundurkan diri saat mendaftar di Pilkada Serentak 2024.

"Merujuk ke Peraturan KPU dan peraturan perundang-undangan yang wajib mundur itu adalah anggota TNI, Polri, ASN, dan kepala desa," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata di kantornya, Rabu (28/8/2024).

Sebagaimana diketahui Pramono Anung dan Rano Karno bakal mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta siang hari ini.

Baca juga: Pramono Anung Daftar ke KPU Jam 11, Sengaja Pakai Baju Adat Betawi Meski Lahir & Besar di Kediri

Pramono saat ini merupakan menteri Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) dalam barisan Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sementara Rano Karno adalah anggota DPR RI terpilih dari PDIP pada Pemilu 2024.

Pramono Anung dan Rano Karno dijadwalkan akan mendaftar ke KPUD Jakarta sekira pukul 11.00 WIB.

Sebelum mendaftar, mereka berkumpul di Kantor DPP PDIP.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas