Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Ogah Gabung Parpol Lain, Pilih Bentuk Partai Baru setelah Pilkada 2024

Inilah rencana Anies Baswedan setelah gagal mendapatkan tiket di Pilkada Jakarta 2024, baik di Jakarta maupun Jawa Barat.

Penulis: Rifqah
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Anies Ogah Gabung Parpol Lain, Pilih Bentuk Partai Baru setelah Pilkada 2024
Tangkapan layar dari YouTube Anies Baswedan
Mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, memberikan catatannya setelah Pilpres dan pendaftaran Pilkada 2024. - Inilah rencana Anies Baswedan setelah gagal mendapatkan tiket di Pilkada Jakarta 2024, baik di Jakarta maupun Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Anies Baswedan mengungkapkan rencananya setelah gagal mendapatkan tiket di Pilkada Jakarta 2024, yakni di Jakarta dan Jawa Barat.

Dia memastikan, dirinya bakal terus berkarya dan beraktivitas di Indonesia, meski dari kerabatnya ada yang menyarankan agar ia berkarier di luar negeri.

Namun, Anies menolak dan memilih untuk tetap tinggal di Indonesia.




"Ada yang usul ke saya ke lembaga-lembaga internasional, ada yang usul saya untuk mengajar di kampus-kampus di luar negeri."

"Saya jawab tidak, Insya Allah tidak," kata Anies, dikutip dari YouTube Anies Baswedan, Jumat (30/8/2024).

Kemungkinan Bentuk Ormas atau Parpol Baru

Saat ini, mantan Gubernur Jakarta 2017-2022 itu mengaku tidak akan bergaung dengan partai politik (parpol) manapun, karena menurutnya, hampir semua paprol tersandera oleh kekuasaan.

“Kalau masuk partai, pertanyaannya, partai mana yang sekarang tidak tersandera oleh kekuasaan? Jangankan dimasuki, mencalonkan saja terancam. Agak beresiko juga bagi yang mengusulkan,” kata dia.

BERITA TERKAIT

Oleh karena itu, Anies mengatakan bahwa dia membuka peluang untuk membentuk organisasi masyarakat (ormas) atau parpol baru.

"Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," kata Anies lagi.

Kendati demikian, Anies meminta semua pihak untuk bersabar untuk itu.

Dia juga berharap, dalam waktu dekat bisa mengambil langkah konkret untuk menciptakan Indonesia dengan demokrasi yang lebih sehat dan sistem politik yang mengedepankan gagasan

Baca juga: 5 Pernyataan Anies Baswedan setelah Batal Maju di Pilkada 2024: Ucapkan Selamat hingga Beri Nasihat

Pesan Anies

Meski batal dapat tiket Pilkada Jakarta, Anies tetap mengajak warga untuk menjaga semangat dan demokrasi yang sehat.

"Jaga semangat. Kita semua ingin jaga demokrasi kita terus sehat," kata Anies, Jumat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas berharap, ada iklim demokrasi yang menghasilkan kebijakan pro terhadap rakyat, bukan untuk segelintir elite saja.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas