Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gagal Maju Pilkada 2024, Anies Baswedan Dinilai Wajib Membentuk Partai Baru

Pengamat nilai Anies harus bangun partai untuk memberikan pilihan kepada rakyat, mengingat Pilkada 2024 tidak ada partai yang berminat mengusung Anies

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Gagal Maju Pilkada 2024, Anies Baswedan Dinilai Wajib Membentuk Partai Baru
Tribunnews.com
Anies Baswedan sempat mengunjungi beberapa partai politik jelang Pilkada DKI Jakarta 2024. Pengamat nilai Anies harus membangun sebuah partai untuk memberikan pilihan kepada rakyat, mengingat Pilkada 2024, tidak ada partai yang berminat mengusung Anies. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Langkah Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sudah tertutup setelah tidak ada partai yang mengusung.

Dalam Pilkada Jakarta yang bakal digelar 27 November, nama Anies sempat muncul karena dianggap moncer selama menahkodai DKI Jakarta 5 tahun lalu periode 2017-2022.

"Namun, perkembangan politik memang tidak bisa ditebak. Beberapa partai politik yang sedianya akan mengusung Anies ternyata berbelok arah dukungan. Bekal popularitas dan prestasi yang telah diraih Anies ternyata gagal menjadi magnet bagi partai politik dan tersungkur oleh transaksi politik," ujar Pemerhati Politik dan Keamanan Publik, Rommy Edward Pryambada, melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/8/2024).




Langkah Anies maju melalui PDI Perjuangan juga batal, meski Mahkamah Konstitusi (MK) membuat putusan No.60/PUU-XXII/2024 tentang ambang batas pencalonan calon kepala dan wakil kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.

PDI Perjuangan malah mengusung kadernya sendiri, Pramono Anung dan Rano "Doel" Karno.

"Kegagalan berlayarnya Anies dalam pilkada Jakarta sebenarnya diperlukan untuk membangunkan Anies dari kasur empuk bernama popularitas dan melihat realitas politik bahwa dalam sistem sistem ketatanegaraan di Indonesia, partai politik memegang peranan sangat penting dalam mengusung kandidat calon kepala daerah. No Partai No Party," katanya.

Baca juga: Istana Bantah Ada Peran Presiden Dibalik Gagalnya Anies Maju Pilkada

Dirinya menilai Anies harus membangun sebuah partai untuk memberikan pilihan kepada rakyat.

BERITA TERKAIT

Mengingat pada Pilkada 2024, tidak ada partai yang berminat untuk mengusung Anies.

"Tak ada jalan lain bagi Anies selain membentuk suatu partai dan biarkan publik menilai popularitas dan elektabilitas bersifat melekat atau hanya sekedar make up untuk mempercantik tampilan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas