Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPU: Tiga Pasang Bakal Cagub-Cawagub Jakarta Lolos Tes Kesehatan

Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dinyatakan lolos tes kesehatan.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KPU: Tiga Pasang Bakal Cagub-Cawagub Jakarta Lolos Tes Kesehatan
Tribunnews.com/ Mario Christian Sumampow
Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata (tengah) beserta anggota, Dody Wijaya dan Astri Megatari di Kantor KPU DKI Jakarta, Senin (2/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dinyatakan lolos tes kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Unum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata setelah menerima hasil tes kesehatan tiga bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari RSUD Tarakan.




"Pihak rumah sakit menyimpulkan bahwa ketiga pasangan calon itu mampu secara jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika," Wahyu Dinata di kantornya, Senin (2/9/2024).

KPU selanjutnya akan memproses dokumen bakal calon yang masih tersisa guna nanti ditentukan apakah semuanya memenuhi syarat atau tidak untuk lanjut dalam tahapan berikutnya menjadi peserta Pilgub DKI Jakarta.

Pun jika nanti masih ada dokumen yang belum lengkap, KPU memberikan kesempatan kepada bakal calon untuk melakukan perbaikan.

Baca juga: KPU Terima Hasil Tes Kesehatan Tiga Bakal Cagub-Cawagub Jakarta Dari RSUD Tarakan Sore Ini

"Jadi kami nanti akan membuat kesimpulan administrasi. Kami masih ada waktu dua hari lagi ya, untuk nanti memberikan masukan kepada pasangan calon," jelas Wahyu.

BERITA TERKAIT

"Kalau memang ada berkas-berkas administrasi yang masih perlu dilengkapi oleh pasangan calon yang dimaksud," sambungnya.

Penetapan bakal calon menjadi peserta bakal dilangsungkan pada tanggal 22 September 2024.

Kemudian, 23 September 2024 dilanjutkan tahapan pengundian nomor urut.

Baca juga: Kun Wardana Mengaku Tak Deg-degan Jalani Tes Kesehatan, Dharma Pongrekun: Bohong Dia

Sebagai informasi, KPU DKI Jakarta telah menerima hasil medical check up atau tes kesehatan bakal calon peserta Pilgub Jakarta dari pihak RSUD Tarakan selaku pemeriksa.

Penyerahan hasil tes itu dilakukan di Kantor KPU DKI Jakarta, Senin sore.

Tes kesehatan itu milik tiga bakal calon peserta Pilgub Jakarta yang telah mendaftar, yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Ketua Tim Pemeriksa dari RSUD Tarakan, dr Djati Sagoro mengatakan semua proses tes kesehatan yang mereka lalukan sudah berdasarkan pedoman teknis KPU 1090/2024 dan menerapkan azas netralitas.

"Semua berjalan dengan lancar dan kami berhasil menerapkan azas netralitas selama pelaksanaan dan dalam pembuatan hasil," ujar Djati.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas