Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Selain Bertemu Jokowi, Menag Sebut Ada Agenda Paus Fransiskus Bertemu Presiden Terpilih Prabowo

Menteri Agama (Menag) mengatakan ada agenda pertemuan antara Paus Fransiskus dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Penulis: tribunsolo
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Selain Bertemu Jokowi, Menag Sebut Ada Agenda Paus Fransiskus Bertemu Presiden Terpilih Prabowo
AFP/TIZIANA FABI
Paus Fransiskus disambut saat kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno?Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. - Paus Fransiskus tiba di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim pada 3 September untuk perhentian pertama tur empat negara di Asia-Pasifik yang akan menjadi yang terlama dalam masa kepausan pria berusia 87 tahun. (Tiziana FABI/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan ada agenda pertemuan antara pemimpin tertinggi umat Katolik di dunia, Paus Fransiskus dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Yaqut saat memberikan keterangan pers usai menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024).

"Direncanakan begitu. Nanti akan ada pertemuan dengan presiden terpilih (Prabowo Subianto) dalam satu pertemuan," ucap Yaqut dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Selasa (3/9/2024).




Meski demikian, Yaqut tidak menjelaskan secara detail mengenai waktu dan tempat pertemuan keduanya.

Terkait dengan teknis pertemuan, ia mengatakan untuk bertanya langsung pada protokol negara.

"Itu ada, memang ada (pertemuan). Saya lihat rundown-nya tapi saya tidak hafal, tapi memang ada pertemuan dengan presiden terpilih," tutur dia.

Sementara itu, pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan Rabu (4/9/2024).

BERITA TERKAIT

Adapun dalam pertemuan tersebut, Paus Fransiskus dan Presiden Jokowi akan membahas tentang toleransi antar umat bergaman.

"Beliau (Paus Fransiskus) menyampaikan pesan bahwa pentingnya bagaimana kita menjaga dialog antar iman karena dialog antar iman itu menjadi kunci bagi toleransi dan perdamaian dunia," ujar Yaqut.

"Saya kira ini juga hal yang akan nanti dibicarakan bersama dengan Presiden Jokowi besok hari," sambungnya.

Selain itu, Yaqut mengatakan kedua pemimpin negara tersebut akan membicarakan isu-isu global.

Baca juga: Sambut Baik Paus Fransiskus ke Indonesia, PB HMI Bicara Komitmen Bangun Harmoni Umat Beragama

"Saya tidak bisa mengira-ngira apa pembicaraan beliau besok ya, tapi saya yakin karena tadi saya sampaikan beliau ini juga pemimpin negara selain pemimpin umat pasti beliau juga meng-update segala isu-isu yang terkait dengan perkembangan global," kata Yaqut.

Lebih lanjut, Yaqut menyebut pertemuan antara Paus Fransiskus dengan Presiden Jokowi ini adalah bentuk dari terjalinnya hubungan diplomatik kedua negara.

"Nah, mungkin kerja sama dan yang paling penting menurut saya dari semua proses ini adalah mempererat hubungan antara Indonesia dan Vatikan," jelas dia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas