Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jika Menangi Pilkada Jakarta, Rano Karno Siap Kolaborasi dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Rano yang juga mantan Gubernur Banten itu pun menceritakan pengalamannya tentang pentingnya hubungan yang harmonis antara pemerintah pusat dan daerah.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jika Menangi Pilkada Jakarta, Rano Karno Siap Kolaborasi dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran
Tribunnews/JEPRIMA
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Rano Karno berpose usai melakukan sesi wawancara khusus dengan Tribun Network di kawasan Cinere, Jakarta Selatan, Senin (2/9/2024). Pada kesempatan tersebut Bang Doel sapaan akrab Rano Karno siap membangun Jakarta berkesinambungan bukan terpisah dengan pembangunan sebelumnya jika terpilih nanti bersama Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS COM, JAKARTA - Bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Rano Karno angkat bicara tentang hubungan DKI Jakarta dengan pemerintah pusat yang nantinya akan dipimpin oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Pasalnya, sempat muncul anggapan di publik adanya ketidakcocokan antara Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta dengan Presiden Jokowi yang menyebabkan komunikasi DKI Jakarta dengan pemerintah pusat tak efektif.

Baca juga: Pramono-Rano Karno akan Umumkan Jajaran Tim Pemenangan untuk Pilkada Jakarta Pekan Ini




Selain itu, ia dan bakal calon gubernur Pramono Anung yang didampinginya juga merupakan kader PDI Perjuangan yang juga bersebrangan kubu dalam Pilpres 2024 lalu dengan Prabowo-Gibran.

Dalam Pilkada Jakarta 2024, partai yang dipimpin Prabowo yakni Gerindra juga telah menyatakan dukungannya kepada pasangan kandidat lain yakni Ridwan Kamil dan Suswono.

Menjawab hal itu, Rano mengaku tak masalah.

Baca juga: Ketua Ansor DKI Nilai Pramono Anung sebagai Tokoh Senior Sarat Pengalaman

Hal itu diungkapkannya dalam wawancara eksklusif Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra yang tayang di kanal Youtube Tribunnews pada Senin (2/9/2024).

BERITA TERKAIT

"Oh nggak apa-apa. Saya yakin juga Pak Prabowo sebagai presiden paham," kata Rano.

Menurutnya pemerintah daerah di manapun kecuali DKI Jakarta belum mampu membangun wilayahnya sendiri tanpa bantuan pemerintah pusat.

Dengan demikian, hubungan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus harmonis.

"Semua pemerintah daerah harus harmonis dengan pemerintah pusat. Dan pemerintah pusat juga harus memberikan kontribusinya. Karena nggak mungkin, apapun, termasuk DKI. Apabila besok di saat DKI di saat tidak jadi ibukota pasti akan ada penurunan PAD (Pendapatan Asli Daerah)," kata dia.

Rano yang juga mantan Gubernur Banten itu pun menceritakan pengalamannya tentang pentingnya hubungan yang harmonis antara pemerintah pusat dan daerah.

Selain menceritakan pengalamannya saat menjadi gubernur Banten, ia pun menceritakan apa yang ia lihat di daerah lain.

"Di manapun, kecuali Jakarta, APBD di daerah yang lain belum sanggup membangun wilayahnya. Artinya membutuhkan bantuan pusat. Maaf, nuwun sewu. Solo berkembang. Oke, mungkin walikotanya Mas Gibran. Kita nggak usah ngiri kalau memang Solo itu berkembang karena banyak program APBN ada di sini. Itu normally," kata dia.

Baca juga: Soal Peluang Gabung Tim Sukses Pramono-Rano Karno, Fauzi Bowo: Saya Belum Lihat Programnya

Pramono dan Rano resmi mendaftar ke kantor KPU Daerah DKI Jakarta sebagai cagub dan cawagub pada Jakarta pada Rabu (28/8/2024).

Pramono dan Rano menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari tahapan pencalonan Pilkada Serentak 2024 di RSUD Tarakan Jakarta pada Jumat (30/8/2024) petang.

Keduanya akan bersaing dengan dua pasangan bakal calon gubenur dan wakil gubernur DKI Jakarta lainnya yakni Ridwan Kamil - Suswono dan Dharma Pongrekun - Kun Wardana.

KPUD DKI Jakarta dijadwalkan akan melakukan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubenur yang akan bertarung di DKI Jakarta 2024 pada Minggu 22 September 2024 dan melakukan pengundian nomor urut sehari setelahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas