Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada 4 Paslon di Pilgub Jabar 2024, Kongres Pemuda Indonesia Soroti Sosok Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu maju pencalonan gubernur Jawa Barat 2024, berpasangan dengan Ilham Habibie.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ada 4 Paslon di Pilgub Jabar 2024, Kongres Pemuda Indonesia Soroti Sosok Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie
Kolase Tribunnews
Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden PKS, Ahmad Syaikhu maju pencalonan gubernur Jawa Barat 2024, berpasangan dengan Ilham Habibie, anak Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie. Keduanya diusung parpol PKS, Partai Nasdem, dan PPP. 

Presiden Kongres Pemuda Indonesia (KPI) yang juga advokat, Pitra Romadoni Nasution menilai Syaikhu-Ilham Habibie sebagai duet politik dan keilmuan.

Selain nakhodai PKS, Ahmad Syaikhu berpengalaman dalam pemerintahan, di mana pernah menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Kota Bekasi, Wakil Walikota Bekasi, serta anggota DPR RI.

Sementara Ilham Habibie, seorang teknokrat yang mewarisi keilmuan B.J. Habibie, dengan pengalaman dan keilmuannya. 

"Kedua pasangan tersebut merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing," kata Pitra kepada wartawan, Kamis (19/9/2024).

Terlebih Ilham juga pernah menerima penghargaan Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda dari Pemerintah Republik Indonesia.

BERITA TERKAIT

"Penghargaan ini merupakan tanda kehormatan dari pemerintah kepada warganya yang telah memberikan darma bakti besar bagi negara dan bangsa Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Pitra yang merupakan peguam ini juga mengonfirmasi bahwa Perkumpulan Penasihat dan Konsultan Hukum Indonesia (Perhakhi) pimpinan Prof Elza Syarief bersedia untuk memberi bantuan hukum kepada pasangan Syaikhu-Ilham Habibie selama pesta demokrasi di Jawa Barat.

"Dan Alhamdulillah Perhakhi memutuskan akan memberikan bantuan hukum kepada pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie beserta seluruh tim dan pendukungnya dalam menyukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan datang," kata Pitra.

Pasangan ASIH ini akan bersaing dengan pasangan Dedi Mulyadi - Erwan Setiawan yang didukung Gerindra, Golkar, Demokrat, PSI, PBB, Ummat, Hanura, Perindo, PKN, Prima, Garuda, Gelora, dan Partai Buruh. 

Kemudian Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina yang didukung PKB, dan Jeje Wiradinata-Ronal Sunandar Surapradja dari PDIP. Berikut rekam jejak singkat ketiga paslon.

Adang Ruhiat - Gitalis Dwi Natarina

Acep pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bertugas di Komisi IV DPR. Sebelumnya ia juga pernah menjabat Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2009-2014.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas