Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Debat Perdana Pilgub Jakarta Tidak Pakai Podium, Cagub-cawagub Boleh Bawa Catatan

Terkait catatan, KPU juga telah menyepakati satu hal, yakni cagub-cawagub boleh membawa catatan kecil selama proses debat berlangsung.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Debat Perdana Pilgub Jakarta Tidak Pakai Podium, Cagub-cawagub Boleh Bawa Catatan
/Warta Kota/Yulianto
KPUD Jakarta telah melakukan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur untuk Pilgub Jakarta di Kantor KPUD Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024). Debat cagub-cawagub DKI Jakarta pada Minggu (6/10/2024) mendatang tidak akan menggunakan podium.  

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Debat cagub-cawagub DKI Jakarta pada Minggu (6/10/2024) mendatang tidak akan menggunakan podium. 

“Untuk debat perdana, tadi disepakati tidak ada podium. Jadi nanti untuk gilirannya masing-masing nanti posisinya berdiri, di blockingannya berdiri,” kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Astri Megatari di kantornya, Kamis (3/10/2024).

Baca juga: Ini Tujuh Nama Panelis Debat Perdana Pilgub DKI Jakarta di JIExpo

Di panggung, KPU bakal menyediakan kursi untuk ditempati masing-masing cagub-cawagub ketika mereka tidak sedang dalam giliran untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. 

“Namun pada saat gilirannya untuk bertanya atau menjawab atau memberi respon itu nanti bisa berdiri, jadi tidak ada podium,” jelas Astri. 

Baca juga: Serba-serbi Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024: Digelar di JIExpo Kemayoran, KPU Hadirkan 7 Panelis

“Kalau ada misalnya notes yang dibawa itu bisa diletakkan, nanti kita sediakan meja kecil,” sambungnya. 

Terkait catatan, KPU juga telah menyepakati satu hal, yakni cagub-cawagub boleh membawa catatan kecil selama proses debat berlangsung. 

BERITA REKOMENDASI

“Jadi notes yang bisa dibawa itu notes kecil, bukan bentuknya buku. Jadi hanya catatan pointers-pointers saja yang bisa dibawa,” pungkas Astri.

Debat perdana mendatang mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global. 

Astri mengatakan, di dalam tema itu nantinya bakal ada beberapa pembahasan yang berkaitan dengan unsur penguatan untuk ketahanan budaya hingga bagaimana pembangunan sumber daya manusia.

“Bagaimana kemudian paslon dapat memiliki program untuk perempuan, anak, kemudian kaum marjinal lalu disabilitas,” ujarnya.

“Lalu juga bagaimana paslon ini menghadirkan visi misinya terkait bagaimana nanti ketika Jakarta tidak lagi menjadi ibukota namun arahnya adalah menjadi kota global,” ia menambahkan. 

Baca juga: Elektabilitas 3 Paslon Pilkada Jakarta 2024 Versi 3 Lembaga Survei: RK-Suswono Mendominasi

Debat perdana Pilgub DKI Jakarta bakal berlangsung Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara.

Seperti halnya pilpres lalu, ada 6 segmen nantinya dalam total durasi debat 150 menit yang dibagi atas 120 menit pelaksanaan debat dan 30 menit jeda iklan.

Sebagai informasi, KPU DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta. 

Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta yang dilakukan di Kantor KPUD Provinsi DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat. 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas