Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gua Ave Maria Ngampang Betu, Wisata Reliji Umat Katolik di Manggarai NTT

Gua Ave Maria Ngampang Batu jadi satu di antara destinasi wisata reliji di wilayah Manggarai, Flores, NTT. Lokasinya masih agak terpencil.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Gua Ave Maria Ngampang Betu, Wisata Reliji Umat Katolik di Manggarai NTT
TRIBUN FLORES/CHARLES ABAR
Gua Ave Maria Ngampang Batu ini terletak di Kampung Topak, Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, MANGGARAI -  Gua Ave Maria ini terletak di kaki Kampung Topak, Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Gua ini jadi satu di antara tujuan wisata reliji di Manggarai. Ada cerita menarik yang disampaikan masyarakat Kampung Topak tentang asal muasal berdirinya Gua Ave Maria Ngampang Betu.

Ngampang yang di artikan tebing dan Betu merupakan induk dari Tikus. Gua ini berdiri di atas batu karang besar yang membelakangi tebing dengan kedalaman kurang lebih 300 meter.

Gua ini juga membelakangi sungai besar bernama Wae Rancang dan hamparan sawah milik warga kampung Meti, Desa Golo Wua, Kecamatan Wae Ri'i.

Gua Ave Maria berdiri pada 2000. Pada saat itu Kampung Topak masih menjadi kampung Isolasi karena belum ada akses jalan yang bisa dilewati oleh kendaraan dan belum teraliri jaringan listrik hingga sekarang.

Peresmian kala itu dilakukan oleh Pastor Paroki St Antonius Beokina, Romo Geradus Janur Pr yang saat ini menjabat sebagai Vikep Ruteng Keuskupan Ruteng.

Kala itu, ratusan umat Paroki Beokina termasuk umat Kampung Topak melakukan perarakan besar-besaran Patung Bunda Ave Maria dari pintu masuk kampung Topak atau biasa disebut masyarakat setempat Pa,ang menuju Gua Ave Maria.

BERITA TERKAIT

Patung Bunda Ave Maria diarak menggunakan belahan bambu oleh umat sepanjang Gang Kampung Topak melewati rumah adat Gendang Topak.

Keberadaan Gua ini tepat di belakang rumah Gendang, berdiri kokoh di atas batu besar, dikelilingi pohon yang rindang.

Kembali ke asal mula menempatkan Goa dengan Patung Bunda Ave Maria.

Berdasarkan penuturan warga setempat berawal dari mimpi. Kala itu, seorang bapa tua yang bernama Bertolomeus Laka (Alm), mimpikan ada Bulan berukuran besar jatuh persis di atas batu itu.

Laalu mimpi itu diceritakan, kepada anaknya dan beberapa pengurus gereja di wilayah itu termasuk Pastor Paroki.

Dari situ muncul-lah ide untuk mendirikan Gua dengan nama Gua Ave Maria di Ngampang Betu.

Ternyata ide itu mendapatkan dukungan penuh dari umat dan Pastor Paroki kala itu. Lalu masyarakat setempat bergotong royong mulai membangun gua ini.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas