Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mal di Jakarta Hanya Untungkan Pebisnis Bermodal Besar

pebisnis yang menjamur adalah bisnis kecil atau street vendor

zoom-in Mal di Jakarta Hanya Untungkan Pebisnis Bermodal Besar
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Suasana keramaian pengunjung disalah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Utara, Minggu (28/7/2013) Harga sewa ruang ritel di Jakarta sepanjang semester I 2013 tumbuh secara perlahan pada kisaran 1 hingga 2 persen. Berdasarkan riset properti Jones Lang LaSalle pada kuartal I 2013 harga sewa mal di Jakarta pada kelas menengah bawah yakni sekitar Rp 210.000 per m2 per bulan menjadi Rp 220.000 per m2 per bulan pada kuartal II 2013.Sedangkan pada kelas menengah harga sewanya Rp 290.000 per m2 per bulan menjadi Rp 300.000 per m2 per bulan. Sementara pada kelas atas yakni sekitar Rp 490.000 per m2 per bulan menjadi Rp 500.000 per m2. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Caleg DPD dapil Jakarta, Rommy menilai keberadaan mal di ibukota yang kerap dijadikan lokasi anak muda berkumpul hanya menguntungkan pebisnis bermodal besar. Tidak seperti menjamurnya bisnis 'tongkrongan' yang ada di Bandung dan Yogyakarta, pebisnis yang menjamur adalah bisnis kecil atau street vendor yang menyuguhkan nuansa tradisional atau bertema pendidikan dan kebudayaan.

"Tapi, memang akhirnya lagi-lagi keuntungan secara ekonomi lagi-lagi mengalir ke kalangan pebisnis yang bermodal besar," ujar Rommy dalam pernyataannya, Rabu(4/12/2013).

Adanya bisnis kecil yang menyuguhkan nuansa tradisional kata Rommy juga mendorong bergeliatnya ekonomi kecil dengan skala modal kecil dan menengah. Seni mural, seni lukis, pengamen jalanan menjadi suguhan menarik asalkan terus dipromosikan.

"Selain itu, taman-taman kota dibuka untuk aktivitas berkumpul anak muda untuk berlatih olahraga, atau musik bisa jadi menarik dan tentunya para street vendor bisa berjualan dan mendapatkan penghasilan. Asalkan diberikan space buat mereka dan juga ditata agar tetap bersih dan nyaman bagi pembeli. Selain itu, pemerintah atau kerjasama dengan pihak ketiga bisa menyediakan tempat dagang gratis ataupun sewa paling murah, yang lokasinya tidak di trotoar dan tidak di area yang macet,"ujar Rommy.

BERITA REKOMENDASI
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas