Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hari Buruh Internasional

Ratusan Bus Pengangkut Buruh Padati Jalan Sudirman

Pantauan Warta Kota, jalan dari Jalan Jendral Sudirman sudah dipadati oleh ratusan bus yang dinaiki oleh buruh.

Ratusan Bus Pengangkut Buruh Padati Jalan Sudirman
Warta Kota/Bintang Pradewo
Buruh berkumpul di Bundaran HI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ribuan buruh dari 18 elemen akan melakukan aksi dalam perayaan Hari Buruh yang dilaksanakan di tiga titik yaitu Bunderan Hotel Indonesia (HI), depan Istana Negara dan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Kamis (1/5) pagi. Dalam perayaan hari buruh itu, setidaknya ada 10 tuntutan yang diajukan kepada pemerintah.

Pantauan Warta Kota, jalan dari Jalan Jendral Sudirman sudah dipadati oleh ratusan bus yang dinaiki oleh buruh. Selain, itu ribuan buruh sudah tumpah ruah di kawasan sekitar Bunderan Hotel Indonesia. Sedangkan, belum terlihat masa buruh.

Berbagai bendera dari berbagai forum buruh berkibar seraya menyuarakan aspirasi mereka terhadap ketidakadilan yang dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, atraksi reog Ponorogo juga ikut dalam aksi buruh dalam May Day tersebut.

Dalam aksinya, para buruh tersebut akan menyampaikan sepuluh tuntutan yang ditujukan bagi para pengusaha dan pemerintah. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sepuluh tuntutan yang akan disampaikan oleh buruh itu menyangkut persoalan kesejahteraan buruh dan para pegawai outsourcing lainnya.

Di Jakarta, tuntutan para buruh ini akan dibacakan di depan Istana Negara. Adapun di daerah tuntutan akan disampaikan di depan kantor gubernur masing-masing. "Setelah kumpul di Bundaran HI, massa akan long march ke Istana Negara untuk melakukan orasi 10 tuntutan buruh Indonesia," kata Said melalui keterangan persnya, Kamis (1/5).

Said menuturkan, aksi ini akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Selain Bundaran HI dan Istana Negara, ada sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi tempat berkumpulnya massa, yakni pendopo Gubernur DKI Jakarta dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menurut Said, aksi buruh di Jakarta akan diikuti oleh sekitar 100.000 buruh se-Jabodetabek. Sementara di provinsi lain, diperkirakan jumlah massa yang mengikuti kegiatan ini mencapai 500 ribu buruh.

"Nantinya, selain 100.000 buruh, acara May Day ini juga akan dihadiri oleh 10.000 guru honorer dan tenaga honorer dari seluruh Indonesia serta ratusan perwakilan mahasiswa," imbuh Said.(Bintang Pradewo)

Ikuti kami di
Editor: Rendy Sadikin
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas