Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Di MATTA Fair 2016, Bukukan Nilai Transaksi 42 Miliar

Nilai itu meningkat drastic dari sebelumnya, dan menaikkan convidence level Kemenpar untuk menggali lebih banyak pasar Negeri Jiran itu.

Di MATTA Fair 2016, Bukukan Nilai Transaksi 42 Miliar
www.frontroll.com
Arief Yahya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Predikat ASEAN Favourite Destination yang melekat di reputasi booth  Wonderful Indonesia di ajang MATTA Fair 11-13 Maret 2016 rupanya cukup signifikan. Kemenpar mencatat total transaksi di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur, Malaysia itu senilai Rp 42 Miliar.

Nilai itu meningkat drastic dari sebelumnya, dan menaikkan convidence level Kemenpar untuk menggali lebih banyak pasar Negeri Jiran itu.

Menpar Arief Yahya menanggapi serius dengan kekuatan branding, begitu di semua travel mart Wonderful Indonesia selalu tampil juara.

“Ingat, ini kata-kata Ogilvy, setiap country branding naik 10 persen, maka pariwisata akan terdongkrak naik 11 persen, dan investasi bakal naik 2 persen. Begitu pun sebaliknya. Pariwisata ini sangat sensitive terhadap isu. Berbagai kemenangan itu, akan terus menaikkan level kepercayaan diri kita,” ungkapnya.

Menurut Ogilvy, branding itu harus konsisten dan intensif selama minimal 2 tahun. Lalu hasilnya baru bisa dirasakan pada tahun ketiga. Memang lebih sulit, lebih rumit branding, dibandingkan dengan manufacturing. Cerita soal kenaikan sales di MATTA Fair 2016 itu sudah bisa terbaca dari teori ini.

“Dampak promosi terhadap sales itu, khusus untuk long haul, jarak jauh baru bisa dirasakan 1 tahun. Misalnya Eropa dan Amerika. Kalau sales jarak menengah, seperti negara-negara Arab, itu bisa 6 bulan. Dan untuk perbatasan, seperti Singapore dan Malaysia bisa berdampak dalam 1 bulan,” kata Arief Yahya.

Angka Rp 42M itu didapat dari hasil evaluasi kuisioner yang dibagikan kepada 34 industri. Dari puluhan industri tadi, diperoleh hasil estimasi transaksi sejumlah 6.259 pax dengan nilai sebesar MYR 10.000.000.

Nominalnya setara dengan Rp 32.miliar dengan kurs MYR 3.200. Tambahan lainnya, didapat dari hasil transaksi langsung yang dilakukan local agent Malaysia sejumlah 2056 pax. NIlainya sebesar MYR 3.125.000, setara dengan Rp 10 miliar.

“Jadi total estimasi transaksi selama pameran tiga hari di MATTA Fair Kuala Lumpur adalah Rp 42 miliar,”

terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana yang didampingi Rizky Handayani Mustafa, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara, Kamis (17/3).

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas