Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Alasan Jaringan Vaksin Palsu Baru Terungkap Sekarang

Jaringan vaksin palsu dengan tersangka 15 orang, selama belasan tahun sudah meraup banyak keuntungan dari bisnis tersebut.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
zoom-in Ini Alasan Jaringan Vaksin Palsu Baru Terungkap Sekarang
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaringan vaksin palsu dengan tersangka 15 orang, selama belasan tahun sudah meraup banyak keuntungan dari bisnis tersebut.

Lalu apa keistimewaan mereka, sehingga praktik terlarang itu baru terbongkar sekarang?

Menjawab hal itu, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya ‎mengatakan dampak vaksin palsu yang tidak tampak secara langsunglah yang membuat bisnis ini aman.




"Kenapa baru terbongkar sekarang, ya karena dampak dari vaksin yang tidak terlalu tampak. Vaksi yang diberikan palsu atau asli efeknya tidak tampak secara langsung," tutur Agung, Selasa (28/6/2016).

Agung menuturkan ‎vaksin palsu baru akan berdampak setelah nantinya ada kuman yang menyerang. "Setelah ada kuman yang menyerang, nah itu baru tahu kalau itu palsu," ujarnya.

Jenderal bintang satu ini menambahkan, cara sederhana membedakan vaksin palsu dengan yang asli yakni dilihat dari penutup karet yang tidak rapi dan warnanya lebih kusam.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas