Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

130 Lukisan Sketsa Soedjojono Dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta

Bagi Sudjojono, sketsa bukan sekadar orat-oret, tapi menyerupai catatan harian, catatan sejarah yang dilihat dan dialaminya.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sketsa pelukis S Sudjojono dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta, di Kompleks Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, 6-13 Juni 2017.

"Hidup Mengalun Dendang" jadi judul pameran sketsa berbingkai peluncuran buku serta memorabilia Pak Djon, demikian sapaan Sudjojono.

Sebagai pelukis, Pak Djon memiliki penilian akan arti penting sketsa.

Ia menilai melalui sketsa dapat melihat apakah seseorang itu pelukis besar yang mampu melukis dengan dasar teknik yang baik atau tidak.

Karena itu sepanjang hidupnya Pak Djon membuat banyak sekali sketsa yang bukan sekedar gambar orar-oret. Tapi menyerupai catatan harian, catatan sejarah mengenai segala sesuatu yang dilihatnya dan dialaminya.

Dalam pameran ini akan ditampilkan 130 sketsa, 4 repro lukisan, serta 3 lukisan asli karya Pak Djon. Serta pameran ini akan didukung dengan adanya sejumlah memorabilia.

"Pak Sudjojono adalah sosok yang multitalenta, multi-bakat, dan multi-dimensi. Tidak hanya seorang sketsais, pelukis, pematung, tapi menuliskan semua pikirannya ke dalam tulisan, yang jarang dilakukan seorang pelukis pada jamannya," kenang Kurator Bentara Budaya Ipong Purnama Sidhi, saat pembukaan pameran, di BBJ, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Pak Djon, kata dia, di awal sebagai realis dalam karyanya. Tapi menjadi seorang ekspresionis di akhir-akhir dia berkarya di dunia senirupa.

Ia pun menyebutkan satu karya luar biasa Pak Djon adalah "Pertempuran antara Sultan Agung dan Jan Pieterzoon Coen," yang dipesan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, dan mulai dikerjakan tahun 1973.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas