Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aturan Ganjil-Genap, Jam Padat Kendaraan Bergeser di Tol Jakarta-Cikampek

Program itu kan dari pukul 06.00-09.00 WIB saja, dan setelah dilakukan evaluasi ternyata ada pergeseran waktu kepadatan,

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Aturan Ganjil-Genap, Jam Padat Kendaraan Bergeser di Tol Jakarta-Cikampek
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah pengendara saat melintas di jalan Tol Jakarta-Bekasi Timur di Jatiwaringin, Jakarta Timur, Jumat (23/2/2018). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana akan menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan pribadi di Tol Jakarta-Cikampek mulai dari pintu masuk Tol Bekasi Timur dan Tol Bekasi Barat ke arah Jakarta pada pukul 06.00 - 09.00 Wib, guna mengatasi kemacetan kendaraan saat jam sibuk kerja. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jam padat kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek, bergeser pasca diterapkannya sistem ganjil-genap.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra mengatakan, arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek lebih lancar. Namun, dari hasil evaluasi sementara, jam padat kendaraan bergeser.

"Program itu kan dari pukul 06.00-09.00 WIB saja, dan setelah dilakukan evaluasi ternyata ada pergeseran waktu kepadatan," ujar Halim di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Sebab, masyarakat yang melalui Tol Jakarta-Cikampek berangkat lebih pagi. Masyarakat mensiasatinya dengan masuk lebih pagi sebelum waktu ganjil-genap.

"Kemarin ada penambahan kepadatan 38 persen saat pagi," ujar Halim.

Namun, kata dia, pada waktu pemberlakuan ganjil-genap, Tol Jakarta-Cikampek lancar. Sistem ganjil-genap itu baru dilakukan uji coba di kawasan Bekasi. Kemungkinan kawasan Bogor pun bakal pula diterapkan, itu pun bakal dievaluasi dahulu.

"Kita tak menilang, kita hanya berikan imbauan dan kita putar balikan saja pengendara di pintu masuk untuk kembali ke jalur arteri, seperti di depan Mall Mega Bekasi," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas