Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sandiaga Uno Sebut Potensi Zakat di Jakarta Bisa Capai Rp 70 Triliun

Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong Badan Amil Zakat Infaq Shadaqah (BAZIS) DKI melakukan berbagai program dan inisiatif.

Sandiaga Uno Sebut Potensi Zakat di Jakarta Bisa Capai Rp 70 Triliun
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sambutan disela buka puasa bersama di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (4/6/2018). Dalam kegiatan ini, Sandiaga memperkenalkan program Keluarga Mandiri Sejahtera (KMS) kepada seluruh pemangku kepentingan. Program ini merupakan wujud nyata Pemprov DKI Jakarta dan BAZIS DKI Jakarta dalam melaksanakan komitmennya untuk mempercepat terciptanya kesejahteraan umat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap, seluruh Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Jakarta punya potensi Rp 70 triliun.

Namun, realisasi tahunannya hanya menyentuh angka Rp 1 triliun.

Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong Badan Amil Zakat Infaq Shadaqah (BAZIS) DKI melakukan berbagai program dan inisiatif yang mampu menjangkau donatur dari pelaku usaha. Tujuannya tak lain memaksimalkan potensi tersebut.

"Tahun 2018, Jakarta targetkan ZIS dan amal sosial capai Rp 300 Miliar, dengan BAZIS DKI menjadi garda terdepan pengentasan kemiskinan Jakarta," kata Sandi, sapaan akrab Sandiaga, di Balai Kota, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Kepala BAZIS DKI Jakarta, Zahrul Wildan mengatakan, per tanggal 31 Mei 2018,  dana yang terhimpun mencapai Rp 54 miliar. Sedangkan di 2017, total dana ZIS di BAZIS DKI tercatat sebesar Rp 192 Miliar.

Baca: Sandiaga Uno Sambut Baik Usulan DPRD Bentuk Pansus Program Rumah DP 0 Persen

Sebagian besar pengumpulan dana berasal dari pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Dana ZIS yang terkumpul dalam acara peduli umat pekan lalu sebesar Rp 4,2 miliar, akan disalurkan kepada 4.000 mustahik (penerima zakat), dengan rincian bantuan biaya pendidikan sebanyak 301 orang, yatim dan dhuafa 1.086 orang, guru bantu 2.438 orang, petugas masjid 165 orang, dan bedah satu rumah dhuafa.

"Kami salurkan dana umat secara transparan dan tepat sasaran, khususnya kepada mereka yang membutuhkan," pungkas Wildan.(*)

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas