Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Minta Pemerintah Pusat Kaji Ulang Proyek Giant Sea Wall

Menurutnya jika pembangunan Giant Sea Wall dilakukan, bakal menimbulkan menumpuknya air daratan yang masuk ke wilayah pesisir pantai.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Anies Minta Pemerintah Pusat Kaji Ulang Proyek Giant Sea Wall
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah anak bermain air di dekat Giant Sea Wall atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (3/1/2018). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta pemerintah pusat untuk mengkaji ulang pengembangan terpadu pesisir Ibu Kota negara yaitu National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau Giant Sea Wall di kawasan Utara laut Jakarta.

Baca: Gempa Donggala Sempat Membuat Warga Toraja Panik dan Berhamburan Lari ke Luar Rumah

Menurutnya jika pembangunan Giant Sea Wall dilakukan, bakal menimbulkan menumpuknya air daratan yang masuk ke wilayah pesisir pantai.

"Itu yang perlu dipertimbangkan ulang. Mengapa? Karena justru dengan air yang muncul dari daratan begitu banyak ke pesisir," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2018).

Menurut Anies, justru sesuatu yang perlu dihadirkan di wilayah pesisir Jakarta adalah tanggul pantai. Sebab, tanah di Jakarta mengalami penurunan, sementara permukaan air lautnya naik-turun. Hal tersebut juga berguna mencegah terjadinya rob banjir laut yang mungkin terjadi.

"Ini memang dibutuhkan mencegah terjadinya rob, karena itulah tanggul dipesisir pantai kita kami memandang sangat perlu dilakukan," lanjut Anies.

Anies mengatakan, dalam prakteknya di berbagai negara, justru setelah bertahun-tahun pembangunan Giant Sea Wall tersebut memiliki dampak air di kawasan tersebut menjadi tidak bersih.

BERITA TERKAIT

Malahan, lanjut Anies, air-air yang masuk ke dalam kawasan pesisir membawa polutan yang kurang baik bagi ekosistem laut disana.

"Prakteknya di berbagai negara kita review, setelah bertahun-tahun justru tidak menjadi air bersih. Tapi justru menjadi tempat berkumpul air-air yang membawa polutan. Dan menurut kami itu (Giant Sea Wall) dikaji ulang. Kalau tanggul di pantai itu perlu diteruskan," terang Anies.

Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, permasalahan utama bila tanggul tersebut dibangun, air-air didalamnya akan menjadi keruh karena tidak mengalir ke laut lepas. Dia menyebutnya sebagai "kobokan raksasa".

"Karena berbagai negara yang membangun tanggul seluas itu akan menjadi kobokan raksasa, air dari mana-mana kesitu, sedangkan tidak mengalir ke laut lepas tapi tertutup oleh tanggul raksasa di lepas pantai. Di situ letak masalah utamanya," terang Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkap, saat ini sudah ada tim kajian dan review yang tengah menelisik hal tersebut secara menyeluruh.

"Ada tim sudah punya kajian dan review," ujarnya.

Sebelumnya pembangunan proyek Giant Sea Wall ini rencananya bakal dimulai tahun 2017. Sejak tahun 2016 ketika Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjabat, proyek Giant Sea Wall ini memang menjadi perdebatan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas