Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sempat Buron, Penjambret yang Telah Beraksi Puluhan Kali Akhirnya Ditangkap Polisi di Tebet

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya mengungkapkan, pelaku mengincar korban yang sendirian naik sepeda motor

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Sempat Buron, Penjambret yang Telah Beraksi Puluhan Kali Akhirnya Ditangkap Polisi di Tebet
Warta Kota/Feryanto Hadi
Pria berinisial MKM alias Kevin dihadirkan pada rilis penangkapan pelaku jambret di Mapolrestro Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah beberapa pekan jadi buronan, MKM alias Kevin, pelaku penjambretan pasrah saat ditangkap polisi di depan Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya mengungkapkan, pelaku mengincar korban yang sendirian naik sepeda motor.

Baca: Butuh Uang untuk Traktir Teman, Pelajar Nekat Menjambret Ponsel Guru di Tambora

Korban diikuti, lalu ditempat sepi pelaku mulai beraksi dengan memepet sepeda motor korban dan merampas tas yang dibawanya.

"Ini berawal dari laporan seorang korban yang di Jalan Kasablanka pada 12 Oktober lalu. Korbannya sampai jatuh dan luka parah bahkan tangan kanan korban patah," ungkap Kompol Andi Sinjaya saat merilis penangkapan di Mapolrestro Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

Polisi memeriksa sejumlah saksi dan mengantongi ciri-ciri pelaku. Namun, butuh upaya keras untuk melacak keberadaan pelaku.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya, menunjukkan barang bukti sejumlah kartu ATM dan KTP saat rilis penangkapan pelaku penjambretan, Selasa (13/11). (Warta Kota/Feryanto Hadi)
Hingga akhirnya akhir pekan kemarin pelaku berhasil disergap di kediamannya di Tamansari, Jakarta Barat.

Tak segaram saat beraksi, pelaku langsung ciut nyali melihat para petugas yang segera mengintrogasinya.

BERITA TERKAIT

Dari penggeledahan rumah pelaku, polisi menemukan puluhan KTP, kartu identitas lain maupun kartu ATM dengan nama pemilik yang berbeda-beda. Dari temuan itu, pelaku dicecar.

"Pelaku akhirnya mengakui identitas itu milik para korban yang dijambretnya. Pelaku sudah beraksi sejak 2016 dan dari pengakuannya sudah sekitar 20 kali menjambret. Tapi kami masih dalami pengakuannya," imbuh Kompol Andi.

Dari pengakuannya, Kevin beraksi pada waktu malam hari di wilayah Jakarta, dengan sasaran pengemudi sepeda motor yang sendirian. "Dia ikuti korban lalu saat ada kesempatan, pelaku langsung beraksi."

Saat penangkapan, polisi menyita barang bukti satu unit Sepeda motor warna hitam berikut Kunci kontak dan STNK, satu unit HP warna hitam, satu buah helm warna hitam, satu buah jaket warna hijau bercorak, 20 buah KTP maupun ATM dan Identitas korban lainnya.

Baca: Jambret Ponsel di Lamongan Makin Nekat Masuk ke Gang-gang Kampung Incar Anak-anak

Pelaku kini meringkuk di sel tahanan Mapolrestro Jakarta Selatan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Akibat perbuatannya tersangka dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Penulis: Feryanto Hadi

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Puluhan Kali Menjambret, Kevin Tak Bekutik Disergap Polisi

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas