Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Cari Modal Usaha Mi Ayam, Kakak Beradik Nekat Edarkan Uang Palsu di Pasar Serpong

Uang palsu itu dibeli pelaku seharga Rp 800 ribu, dari seseorang yang kini ditahan di Polda Metro Jaya.

Cari Modal Usaha Mi Ayam, Kakak Beradik Nekat Edarkan Uang Palsu di Pasar Serpong
IST
Terduga pelaku peredaran uang palsu di Pasar Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (27/2/2019) pagi. 

Laporan Reporter Warta Kota, Zaki Ari Setiawan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Peredaran uang palsu yang dilakukan oleh kakak beradik di Pasar Serpong, Tangerang Selatan, sempat menggegerkan para pedagang, Rabu (27/2/2019) pagi.

Kakak Beradik, Elly Febianti (41) dan Reni Wahyuni (37), tertangkap basah mengedarkan uang palsu setelah para pedagang di pasar sadar bahwa uang yang mereka gunakan ternyata tidak asli.

Menurut keterangan Mahmud, Danru Keamanan Pasar Serpong, pedagang yang sadar menerima uang palsu, segera mengejar kakak beradik itu. "Waktu dia (pedagang pasar) mau mengembalikan uang si ibu, dia kejar, dicari ternyata masih ada," ujar Mahmud di Pasar Serpong.

Elly dan Reni sempat berhasil menipu sejumlah pedagang pasar dengan cara membeli bahan-bahan makanan menggunakan uang palsu, mulai dari sayur hingga ayam.

Baca: Pembelian Wuling Almaz Dapat Dukungan Purna Jual 3 Tahun Atau 100.000 Kilometer

"Di dalam pasar yang banyak (ketipu), hampir 10 orang pedagang. Beli ayam, sayur, ada juga tukang tempe," ungkap Mahmud.

Ketika diamankan oleh petugas berwenang, diketahui uang palsu yang digunakan Elly Febianti (41) dan Reni Wahyuni (37) dibelanjakan untuk membuka usaha mi ayam.

"Bentuk fisik uang dari dua wanita ini memang palsu, awalnya (mereka) membelanjakan ini untuk usaha mi ayam," jelas Kapolsek Serpong Kompol Stephanus Luckyto.

Luckyto menerangkan, aksi kakak beradik edarkan uang palsu itu itu terungkap berkat ketelitian para pedagang pasar ketika menerima uang dari Elly dan Reni.

Setelah kedua wanita itu digeledah lebih lanjut, ditemukan uang pecahan Rp 50 ribu sebanyak 24 lembar. Dari keterangan tersangka pengedar uang palsu di Pasar Serpong, Tangerang Selatan kepada petugas, diketahui uang itu dibeli dari seseorang yang kini juga sudah berstatus tersangka.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas