Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mahasiswa Undip Melaksanakan Penyuluhan Akuaponik kepada masyarakat Kelurahan Jati Pulogadung

Teknik Akuaponik merupakan bagian dari urban farming yang merupakan praktik budidaya, pemrosesan, dan disribusi bahan pangan yang berada di kota

Mahasiswa Undip Melaksanakan Penyuluhan Akuaponik kepada masyarakat Kelurahan Jati Pulogadung
Istimewa
Agus Wahsudiyanto (ketua RW 01) ketiga dari kiri berfoto bersama para mahasiswa UNDIP yang tergabung dalam Tim II ‘KKN Pulogadung’ berfoto bersama usai melakukan penyuluhan di hadapan masyarakat pada Minggu (2/8/2020)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang berasal dari Kotamadya Jakarta Timur diterjunkan untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lingkungan rumah masing-masing.

Adanya pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia membuat kegiatan KKN yang biasanya dilaksanakan secara berkelompok diubah menjadi KKN individu.

Gavin Rahadian Darsana, seorang mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dari Fakultas Ilmu Budaya jurusan Ilmu Sejarah yang melakukan kegiatan KKN individu di lingkungan tempat tinggalnya di RW 01 Kelurahan Jati, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur mengatakan, program kerja KKN Individu dibagi menjadi 2 program.

Kedua program itu yakni Program Pemberdayaan Masyarakat yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Program Pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan mulai 5 Juli sampai 15 Agustus 2020.

Dalam program kali ini, Gavin memilih 2 topik yang berbeda yaitu Pembelajaran tentang Sistem Akuaponik Sebagai Cadangan Kebutuhan Pangan di Masa Pandemi Covid 19 di Jakarta Timur dan Dampak Covid-19 terhadap Situasi dan Perilaku Masyarakat. 

Baca: Cerita Mahasiswi yang Memilih Pemukiman Pemulung Saat KKN di Tengah Pandemi

Setelah melakukan perizinan ke berbagai pihak akhirnya Gavin beserta ke-4 (empat) rekan lainnya yang tergabung dalam Tim II ‘KKN Pulogadung’ melakukan penyuluhan yang dilakukan di kantor RW di lingkungan kelurahan Jati Pulo Gadung pada Minggu (2/8/2020) dan dihadiri oleh sekitar 20-an warga Kelurahan Jati Pulo Gadung dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Sebelum memulai pemaparan lebih jauh mengenai sejarah Akuaponik, Gavin memulainya dengan menjelaskan latar belakang perlunya budidaya tanaman melalui teknik Akuaponik terlebih dahulu.

“Jadi, secara umum Pandemi Covid 19 sedikit banyak telah mengubah kegiatan sosial di masyarakat terutama perubahan dalam kegiatan bekerja para pegawai kantoran yang sebelumnya banyak dilakukan di kantor kemudian separuh ataupun seluruh kegiatan kerjanya menjadi dilakukan di rumah untuk membatasi/mengurangi berinteraksi langsung dengan lingkungan luar untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Covid 19," ujar Gavin.

Namun demikian, walaupun sebagian aktifitas masyarakat hanya dilakukan di rumah, masyarakat tetap harus dapat berkarya.

Baca: Nadiem Dukung Kegiatan KKN Mahasiswa yang Terkait Penanganan Covid-19

"Salah satu alternatif bagi masyarakat untuk dapat berkarya dari rumah adalah dengan mencoba melakukan kegiatan budidaya tanaman yang praktis dan mudah untuk dipelajari yang merupakan bagian dari apa yang disebut dengan “Urban Farming”," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas