Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi RS Darurat Covid-19, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Tetap Bisa Digunakan untuk Pertandingan

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan, pihaknya tetap membolehkan siapapun yang ingin menggunakan stadion untuk pertandingan sepak bola.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jadi RS Darurat Covid-19, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Tetap Bisa Digunakan untuk Pertandingan
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Minggu (29/3/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Sejumlah ruangan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi disulap menjadi rumah sakit darurat penanganan Covid-19.

Dalam waktu dekat, stadion yang sempat dijadikan markas tim sepak bola Persija Jakarta dan Bhayangkara FC ini akan dihuni pasien Covid-19.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan, pihaknya tetap membolehkan siapapun yang ingin menggunakan stadion untuk pertandingan sepak bola.

"Bisa, tapi di dalam saja, kayak kemarin kan ada timnya Raff Ahmad juga datang ke sini (Stadion Patriot), silakan aja kalau mau main, toh kan juga di udara bebas (tempat terbuka)," kata Rahmat, Kamis, (16/9/2020).

RS Darurat Stadion Patriot berada di Gate 13, terdapat sekira lima sampai enam ruangan yang disulap menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Ruangan yang digunakan d iantaranya, ruang rapat, gudang peralatan, ruang pengurus dan benerapa ruang lain di area Gate 13.

Rumah Sakit Darurat Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi siap digunakan untuk merawat pasien Covid-19 mulai besok, Rabu (16/8/2020).
Rumah Sakit Darurat Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi siap digunakan untuk merawat pasien Covid-19 mulai besok, Rabu (16/8/2020). (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Pantauan TribunJakarta.com di RS Darurat, sampai dengan hari ini masih tampak kosong dari aktivitas keperawatan.

BERITA TERKAIT

Hanya ada aktivitas pekerja yang masih melakukan penyelesaian pekerjaan fisik terutama di fasilitas Instalasi gawat darurat (IGD).

Untuk fasilitas ruang rawat isolasi, persipan sudah tampak rampung dengan empat ruangan di stadion disulap takubahnya seperti ruang rawat inap rumah sakit.

Terdapat tempat tidur berjajar di empat ruangan tersebut, lengkap dengan tirai pembatas di tiap tempat tidur.

Disamping itu, fasilitas pendingin ruangan juga sudah terpasang disertai alat penyaring udara hepafilter.

Tabung oksigen di tiap ruangan juga tersedia di dekat tempat tidur pasien RS Darurat Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Adapun kapasitas penampungan isolasi yang siap digunakan di RS Darurat Stadion Patriot sebanyak 57 tempat tidur.

Ruang isolasi pasien Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. Pemkot Bekasi menyiapkan 100 tempat tidur untuk antisipasi jika daya tampung rumah sakit tidak cukup.
Ruang isolasi pasien Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. Pemkot Bekasi menyiapkan 100 tempat tidur untuk antisipasi jika daya tampung rumah sakit tidak cukup. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Pemkot Bekasi memproyeksi, ke depan RS Darurat Stadion Patriot dapat menampung 100 kapasitas isolasi untuk pasien Covid-19.

Meski begitu, Rahmat memastikan tetap akan memprioritaskan penanganan Covid-19 ketimbang agenda lain di luar kondisi darurat.

Jika ke depannya terjadi perburukan, bukan tidak mungkin seluruh fasilitas ruangan di stadion dijadikan ruang isolasi untuk merawat pasien Covid-19.

"Sekarang kondisinya gimana? Mau mendahulukan untuk kegiatan pertandingan atau pengendalian keadaan darurat?" ucap Rahmat.

"Negara kan artinya sekarang dalam kondisi siaga Covid-19, ya kita dahulukan dulu yang darurat, mungkin kalau dipakai semua di sini (stadion) bisa 1.000 di sini luas, kan kosong semua di sini," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Stadion Patriot Tetap Bisa Digunakan untuk Pertandingan Sepak Bola Meski Jadi RS Darurat

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas