Tribun

Pria Gondrong di Bekasi Suruh Orang Hilangkan Barang Bukti Usai Video Praktik Penggandaan Uang Viral

Kepolisian memastikan praktik penggandaan uang yang dilakukan pria gondrong di Bekasi, Jawa Barat, menggunakan uang palsu.

Editor: Adi Suhendi
Pria Gondrong di Bekasi Suruh Orang Hilangkan Barang Bukti Usai Video Praktik Penggandaan Uang Viral
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Kediaman Herman alias Ustaz Gondrong di RT001 RW003, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Senin (22/3/2021). (Inset) Ustaz Gondrong sedang menghitung uang yang digandakannya. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kepolisian memastikan praktik penggandaan uang yang dilakukan pria gondrong di Bekasi, Jawa Barat, menggunakan uang palsu.

Video viral praktik penggandaan uang yang dilakukan pria bernana Herman (44) tersebut diketahui hanya sebatas trik sulap.

Pecahan Rp100.000 yang keluar dari dalam kotak seperti dalam video merupakan uang mainan.

Hal tersebut pun diakui langsung Herman, pria gondrong yang ada dalam video viral tersebut.

"Uang mainan, sudah dibakar dan diakui oleh yang bersangkutan (tersangka Herman)," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Video Gandakan Uang Viral, Herman Gondrong Kebanjiran Pasien, Sehari Kantongi Rp 10 Juta 

Hendra menjelaskan, pria yang kerap dijuluki Ustaz Gondrong ini menyadari video yang dibuatnya telah viral di media sosial.

Untuk itu, dia memerintahkan seseorang agar membakar uang pecahan Rp100.000 yang merupakan properti trik sulapnya untuk menghilangkan jejak.

"Uang di dalam kotak dibakar, dia tahu viral ada atensi dari masyarakat yang tidak nyaman, polisi menindaklanjuti dia langsung hilangkan barang bukti, termasuk video di HP (ponsel) juga dihapus sama dia," tegasnya.

Adapun video trik sulap gandakan uang dibuat pada 3 atau 4 Maret 2021, video tersebut direkam sang istri berinisial NY (18) dan mulai tersebar luas pada 14 Maret 2021.

Baca juga: Herman Gondrong Beli Peralatan Gandakan Uang, Kotak Hitam dan Jenglot Palsu di Tambun 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas