Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov DKI Prediksi Kenaikan Harga Sejumlah Pangan Strategis di Awal Bulan Ramadhan

 Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyebut beberapa harga pangan strategis diprediksi alami kenaikan 1 - 5 persen di

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pemprov DKI Prediksi Kenaikan Harga Sejumlah Pangan Strategis di Awal Bulan Ramadhan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PANTAU PASOKAN DAN HARGA PANGAN JELANG RAMADAN - Wakil Walikota Tangerang, H Sachrudin didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Abduh Surahman beserta Tim Satgas Pangan, memantau pasokan dan pengecekan harga pangan strategis secara serentak di Pasar Anyar, Pasar Malabar dan Pasar Saraswati, Jumat (9/4/2021) Pada kesempatan tersebut H Sachrudin memastikan stok kebutuhan pangan di Kota Tangerang tetap aman.selama bulan puasa dan lebaran. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyebut beberapa harga pangan strategis diprediksi alami kenaikan 1 - 5 persen di awal bulan Ramadan tahun ini.

Plt Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan harga pangan strategis yang diprediksi naik antara lain harga eceran bawang merah dan bawang putih, daging ayam, daging sapi, hingga minyak goreng.

"Harga beberapa pangan strategis diprediksi akan mengalami kenaikan dalam batas wajar dengan kisaran 1 - 5 persen," kata Suharini dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).




Adapun harga eceran bawang merah dan bawang putih meningkat akibat terjadinya kenaikan permintaan yang dibarengi berkurangnya pasokan, lantaran baru masuk masa tanam.

Sementara harga daging ayam meningkat karena naiknya permintaan, serta dipengaruhi naiknya harga jagung sebagai bahan dasar pangan.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok Lakukan Inspeksi Mendadak di Pasar Agung, Temukan Komoditas yang Harganya Naik

Harga daging sapi juga diprediksi alami kenaikan lantaran peningkatan permintaan dan tingginya harga sapi impor. Harga minyak goreng diprediksi ikut meningkat karena tingginya harga CPO.

Kendati begitu, Suharini menyebut prognosa pangan strategis di bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri, stok dalam keadaan cukup. Harga pangan strategis lainnya cenderung aman.

BERITA TERKAIT

"Harga pangan strategis lainnya cenderung aman," tuturnya.

Stok beras diperkirakan surplus karena bulan Maret dan April telah masuk masa panen raya. Komoditas pangan lain seperti bawang, cabai, daging ayam ras, telur ayam, gula dan minyak goreng diperkirakan tersedia dalam jumlah cukup.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas