Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pedagang Pasar Gembrong Terpaksa Jual Mobil Demi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Bagi pedagangan yang terpenting bisa mempertahankan usaha di masa pandemi Covid-19.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pedagang Pasar Gembrong Terpaksa Jual Mobil Demi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19
TribunJakarta.com/Bima Putra
Orangtua yang datang ke Pasar Gembrong membelikan mainan untuk anaknya di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anjloknya daya beli warga akibat pandemi Covid-19 dirasakan pedagang mainan di Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rachmat, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. 

Meski sejak awal tahun 2000 beken sebagai tempat belanja mainan anak dengan harga murah, para pedagang di Pasar Gembrong kini harus pontang-panting mempertahankan usahanya.

Ummi (50), satu pedagang mainan di Pasar Gembrong mengatakan sejak pandemi Covid-19 melanda tahun 2020 hingga kini merupakan masa paling berat dia mempertahankan usahanya.

"Belum lama ini sampai jual mobil untuk modal dagang dan bayar gaji pegawai. Pokoknya selama pandemi Covid-19 ini tahun paling berat selama puluhan tahun dagang," kata Ummi di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Gubernur Anies Baswedan Perketat Arus Balik Lebaran untuk Cegah Covid-19 di Jakarta

Mainan dijajakan pedagang Pasar Gembrong memang bukan barang hidup yang rusak dalam satu hari bila tidak laku, namun sepinya pembeli membuat mereka tidak memiliki pemasukan.

Berharap untung besar dari momen libur keagamaan seperti Idul Fitri tak lagi berhasil karena banyak warga yang pemasukannya berkurang hingga hilang terdampak pandemi Covid-19.

BERITA TERKAIT

"Banyak warga yang kena PHK (pemutusan hubungan kerja), otomatis mereka jadi enggak punya duit dan mengurangi belanja. Kita, pedagang merasakan betul turunnya daya beli," ujarnya.

Ummi menuturkan para pedagang mainan di Pasar Gembrong kini hanya berharap untuk sekedar mempertahankan usahanya, tidak lagi untung besar sebagaimana sebelum pandemi.

Menurutnya yang terpenting bisa mempertahankan usaha di masa pandemi Covid-19 tanpa mengurangi jumlah pegawai dan kehilangan kepercayaan pembeli langganan.

"Alhamdulillah sampai sekarang saya enggak ada pengurangan pegawai. Walaupun pas libur Lebaran tahun ini saja omzet turun sampai lebih dari 50 persen. Masih ada untung sedikit untuk mempertahankan usaha," tuturnya.

Pasar Gembrong merupakan satu sentral belanja mainan anak murah di Jakarta, dari mainan berupa robot, miniatur mobil, boneka, rumah boneka, hingga motor dan mobil listrik mini dijajakan.

Harga mainan yang ditawarkan pedagang Pasar Gembrong berkisar puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung kualitas barang dan kesepakatan tawar menawar pembeli dengan penjual.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Curhat Pedagang Pasar Gembrong, Jual Mobil Demi Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas