Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sopir Transjakarta Mengantuk Karena Koridor Sempit

Kecelakaan bus Transjakarta yang terjadi beberapa waktu terakhir disebut karena sopir mengantuk.

Editor: Erik S
zoom-in Sopir Transjakarta Mengantuk Karena Koridor Sempit
Warta Kota/Henry Lopulalan
Kondisi bus Transjakarta rute Blok M - Kota menabrak separator di depan Halte Transjakarta Ratu Plaza, Jakarta, Jumat (3/12/2021). Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, bus mengalami kerusakan pada bagian bodi depan bawahnya. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASAR - Kecelakaan bus Transjakarta yang terjadi beberapa waktu terakhir disebut karena sopir mengantuk.

Sopir bus TransJakarta mengantuk karena jalurnya yang sempit.

Dilansir dari TribunJakarta, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih melakukan investigasi mencari sebab kasus kecelakaan bus Transjakarta dalam beberapa waktu terakhir.




Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan dari hasil investigasi sementara pihaknya mendapati masalah sopir bus mengantuk dan merasa kelelahan saat bertugas.

Baca juga: Transjakarta Buka Rute Baru JIS-Harmoni, 3 Rute Tujuan Serupa Menyusul

"Kita sudah dapat diskusi dari pengemudi, keluhan mereka ngantuk. Kenapa mengantuk? ternyata mereka berjalan di koridor yang sempit itu," kata Soerjanto di kantor PT Transjakarta, Jakarta Timur, Jumat (10/12/2021).

Para sopir bus Transjakarta mengaku mengemudikan bus dalam jalur yang dibatasi beton memerlukan konsentrasi lebih dibandingkan mengemudi di jalur biasa kendaraan umum.

Faktor sopir mengantuk dan kelelahan saat bertugas ini tidak hanya karena faktor jalur sempit semata, hal ini yang sedang dicari penyelesaiannya lewat proses audit oleh KNKT terhadap Transjakarta.

BERITA TERKAIT

"Sehingga melihat bahwa nanti dari sisi human factors, kita akan mempelajari bagaimana solusi mengurangi letih akibat mengemudi di koridor sempit itu, salah satunya," ujarnya.

Baca juga: Pengamat Sarankan Transjakarta Jadi Wasit Saja, Tidak Usah Ikut Jadi Operator

Soerjanto menuturkan dalam proses investigasi mencegah kecelakaan ini pihaknya tidak mencari pihak yang bersalah, baik dari PT Transjakarta ataupun operator bus.

Tujuan utama investigasi dilakukan guna mengantisipasi sistem manajemen keselamatan bus Transjakarta untuk mencegah kasus kecelakaan, terlebih sampai merenggut korban.

"Saya tidak berkata human error, karena kalau human eror selalu pengemudi ya. Sekarang pengemudi ngantuk, apakah dia ada yang bercita-cita mengemudi nanti waktu saya nyetir saya akan tertidur gak ada kan?," tuturnya.

Baca juga: Bertemu Dirut PT Transjakarta, Polda Metro Sampaikan Sejumlah Rekomendasi Imbas Rentetan Kecelakaan

Soerjanto mengatakan pihaknya juga berupaya mencari solusi agar para sopir PT Transjakarta sabar dan tidak emosional ketika bertugas karena efek bosan melalui satu rute dan lainnya.

Cara yang sudah direkomendasikan KNKT ke PT Transjakarta yakni dengan membuat program driver resource management, cara serupa ini sudah diterapkan dalam manajemen transportasi udara.

"Artinya kemampuan kita mengontrol emosi supaya tetap bijak supaya tetap enggak gusrah, enggak sembarangan enggak arogan. Nah ini juga perlu diberi sentuhan psikologis," lanjut Soerjanto. (Bima Putra)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul KNKT Ungkap Sopir Transjakarta Mengantuk karena Koridor Sempit

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas