Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Murid SD di Jakarta Utara Menangis Lihat Jarum Suntik

Satu diantaranya Sena (8), siswa Kelas 2 SDN Pegangsaan Dua 07 yang sempat menangis histeris karena tidak ingin disuntik.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Murid SD di Jakarta Utara Menangis Lihat Jarum Suntik
Tribunnews/JEPRIMA
Vaksinator Puskesmas Jatinegara kaum saat memberikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada siswa di SDN 03 Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Selasa (14/12/2021). Kementerian Kesehatan mulai memberikan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun dengan penggunaan vaksin Sinovac serentak di 115 kabupaten/kota di 19 provinsi. Penyuntikan vaksin Covid-19 untuk anak ini sudah melalui rekomendasi Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tribunnew/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di SDN Pegangsaan Dua 07 Pagi, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (14/12/2021) diwarnai dengan isak tangis para siswa yang ketakutan saat hendak disuntik.

Awalnya para siswa mengikuti prosedur umum vaksinasi seperti pendataan dan pemeriksaan tensi.

Setelahnya itu  mereka mengantre untuk proses vaksinasi.

Pada saat itulah kebanyakan dari mereka terlihat ketakutan saat berhadapan dengan jarum suntik.

Bahkan ada yang sampai berteriak karena tidak ingin disuntik vaksin oleh tenaga kesehatan.

Satu diantaranya Sena (8), siswa Kelas 2 SDN Pegangsaan Dua 07 yang sempat menangis histeris karena tidak ingin disuntik.

Wajahnya mendadak merah karena ketakutan.

Baca juga: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai di SDN 03 Jatinegara Kaum Jakarta

BERITA TERKAIT

Sementara sang ibu, Riha (34) berusaha untuk menenangkan sang buah hati.

Ia bahkan harus memeluk anaknya agar tenang hingga akhirnya berhasil disuntik oleh petugas.

Riha menceritakan dirinya harus membujuk sang buah hati supaya mau datang ke sekolah untuk disuntik vaksin. Meski sempat menangis histeris kini Sena sudah disuntik vaksin pertama.

“Saya bujuk kalau nanti (pas disuntik) banyak teman, rame, biar nggak takut. Akhirnya mau, cuman sempat dipegangin (karena nangis),” ujar Riha.

Riha menceritakan sebelumnya pihak sekolah sudah melakukan pendataan terhadap siapa saja siswa yang belum disuntik vaksin Covid-19 untuk mengikuti vaksinasi pada hari ini.

“Sebelumnya sudah didata siapa saja yang belum vaksin. Saya sih senang, ikhtiar semoga pandemi cepat berlalu,” ungkapnya.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun tersebut digelar secara serentak di enam kecamatan di Jakarta Utara.

“Total ada sebanyak 204.009 anak usia 6-11 tahun yang menjadi calon penerima vaksin berdasar data Sudin Dukcapil Jakarta Utara,” ungkap Ali.

Menurut Ali, kegiatan vaksinasi sengaja digelar di sekolah agar lebih fokus karena data dari siswa lengkap dan fasilitas juga memadai. Selain itu, orangtua juga bisa mendampingi buah hatinya.

"Nanti akan dilaksanakan di seluruh kelurahan. Masing-masing kelurahan kita kerjakan satu sekolah sampai selesai baru sekolah-sekolah berikutnya," kata Ali. (jhs)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Isak Tangis Warnai Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di SDN Pegangsaan Dua 07 Kelapa Gading

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas