Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lansia 80 Tahun Tewas Dikeroyok Usai Diteriaki Maling, Polisi: Berawal dari Ada Motor Terserempet

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengungkapkan penyebab terjadinya pengeroyokan yang menewaskan lansia di Cakung, Jakarta Timur.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Daryono
zoom-in Lansia 80 Tahun Tewas Dikeroyok Usai Diteriaki Maling, Polisi: Berawal dari Ada Motor Terserempet
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengungkapan publik pigur berinisial CA yang menjadi tersangka karena terlibat prostitusi online di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/1/2022). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengungkapkan penyebab terjadinya pengeroyokan yang menewaskan seorang lansia di Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (23/1/2022).

Diketahui korban bernama Wiyanto Halim dan berusia 89 tahun.

Zulpan mengatakan polisi telah mengamankan dan memeriksa 14 orang yang terlibat kasus pengeroyokan yang menewaskan seorang lansia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Zulpan menyebut pengeroyokan terjadi awalnya karena ada seorang pengemudi motor yang merasa motornya diserempet oleh korban.

Peristiwa kejar-kejaran menewaskan seorag lansia berinisial HM (89) akibat dikeroyok oleh sejumlah warga karena dituduh telah menyerempet seorang pengendara motor dan diteriaki maling.
Peristiwa kejar-kejaran menewaskan seorag lansia berinisial HM (89) akibat dikeroyok oleh sejumlah warga karena dituduh telah menyerempet seorang pengendara motor dan diteriaki maling. (tangkap layar dari akun Instagram, @updateinfojakarta)

Baca juga: Kasus Penganiayaan yang Menewaskan Lansia di Cakung, Polisi Telah Periksa 14 Saksi

Lalu pengemudi motor tersebut pun melakukan provokasi dengan meneriaki korban sebagai maling.

"Sampai dengan sore ini sudah melakukan pemeriksaan dan ini sedang berlangsung. Ada 14 orang yang sudah kita amankan, kita periksa terkait hal ini."

"Dari pemeriksaan kita bisa saya sampaikan bahwa terjadinya pengejaran yang berakhir dengan pengeroyokan dan mengakibatkan pegemudi mobil meninggal dunia ini, diawali adanya serempetan motor di antara 14 orang yang kita periksa ini ya."

BERITA TERKAIT

"Ada satu yang motornya diserempet, kemudian dia melakukan provokasi dengan teriakan maling," kata Zulpan dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Polisi Periksa 14 Orang Saksi Terkait Kasus Penganiayaan yang Menewaskan Lansia di Cakung

Akibatnya teriakan maling tersebut menundang empati orang-orang yang berada disekitar kerjadian.

Hingga membuat orang-orang menganggap mobil yang dikendarai oleh korban adalah mobil curian dan beramai-ramai mengejar korban.

"Orang yang di sekitar menganggap mobil tersebut adalah mobil yang dicuri, atau orang yang mengendarai mobil sebagai curanmor. Ini yang diakui oleh pemilik motor yang disenggol tersebut. Dia mengakui memprovokasi dengan teriakan maling."

"Sehingga mengakibatkan orang-orang yang disekitarnya berempati dan mengejar secara beramai-ramai dengan menggunakan motor terhadap pengemudi mobil Toyota tersebut. Yang berakibat adanya tindak pidana pengeroyokan, penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal dunia," terang Zulpan.

Baca juga: FAKTA Lansia Tewas Dikeroyok: Diteriaki Maling karena Serempet Motor, Polisi Masih Buru Pelaku

Keluarga Sebut Lansia Tewas Usai Diteriaki Maling Bukan Kebetulan

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, kasus pengeroyokan seorang lansia pengemudi mobil di Jalan Pulo Kambing, Cakung, Jakarta Timur, jadi sorotan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas