Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jakarta Timur dan Selatan Masuki Musim Kemarau Juni, Warga Diajak Hemat Air

Khusus wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, BMKG memprediksi musim kemarau akan mulai terjadi padabulan Juni 2022.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jakarta Timur dan Selatan Masuki Musim Kemarau Juni, Warga Diajak Hemat Air
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, berteduh dari paparan hujan yang terjadi Sabtu, 7 Mei 2022. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, sejumlah wilayah di DKI Jakarta sudah dan segera akan memasuki  musim kemarau pada April ini.

Khusus wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, BMKG memprediksi musim kemarau akan mulai terjadi padabulan Juni 2022.

Mengantisipasi datangnya musim kemarau tersebut, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengimbau masyarakat mulai melakukan penghematan air dalam rangka persiapan peralihan musim kemarau.

Dampak dari musim kemarau tersebut yakni kekeringan yang mengakibatkan pada kelangkaan air bersih dan peningkatan polusi udara.

"Kami mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengajak masyarakat untuk mengantisipasinya dengan mulai melakukan penghematan air, serta menjadikannya sebagai gaya hidup baru," kata Isnawa dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Penyebab Cuaca Panas Terik Sepekan Terakhir, BMKG: Bukan Gelombang Panas

Isnawa berharap upaya penghematan air bisa jadi gaya hidup baru yang diterapkan warga ibu kota.

BERITA REKOMENDASI

Selain penghematan air bersih, Isnawa juga mengimbau masyarakat untuk secara berkala mengecek tabung gas guna mencegah terjadinya kebocoran yang bisa memicu kebakaran.

Baca juga: Lima Hektar Lahan di Kalteng Kebakaran

Sebab menurutnya, musim kemarau juga jadi salah satu ancaman bencana kebakaran di pemukiman dan gedung.

"Ancaman bencana kebakaran pada gedung dan pemukiman juga perlu kita antisipasi bersama sebagai bentuk kewaspadaan terhadap dampak kekeringan di musim kemarau ini," ungkapnya.

Sebagai informasi, BMKG mencatat dalam sepekan terakhir selama periode tanggal 1 - 7 Mei 2022, suhu maksimum terukur berkisar antara 33 - 36,1 derajat Celsius.

Puncak musim kemarau diprakirakan akan terjadi pada bulan Juli - September 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas