Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Launching Kampung Adidaya, PIK 2 Serahkan Bantuan Bibit Ikan untuk Kelompok Wanita Tani Anyelir

Kelompok Binaan, Kelompok Wanita Tani 'Anyelir', Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Tangerang menerima program pemberdayaan masyarakat

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Launching Kampung Adidaya, PIK 2 Serahkan Bantuan Bibit Ikan untuk Kelompok Wanita Tani Anyelir
Istimewa
Tim ComDev PIK 2 memberikan sebanyak 13.315 ekor bibit ikan bawal dan 1.000 ekor bibit ikan lele, serta 4 ton pakan ikan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelompok Binaan, Kelompok Wanita Tani 'Anyelir', Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Tangerang menerima program pemberdayaan masyarakat dari Tim ComDev PT Kukuh Mandiri Lestari PIK 2.

Mengusung konsep Kampung Adidaya PIK 2, yang berarti Kampung Cakap Berdaya, Tim ComDev PIK 2 memberikan sebanyak 13.315 ekor bibit ikan bawal dan 1.000 ekor bibit ikan lele, serta 4 ton pakan ikan.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Kabid P3 Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Andriyani, Camat Kecamatan Teluknaga Zamzam Manohara, Kepala Desa Pangkalan Ahmad Muhrim dan Kelompok Wanita Tani Anyelir, serta perwakilan PT Kukuh Mandiri Lestari Rio dan Okto.

Kepala Desa Pangkalan menyampaikan bahwa program ini disambut baik oleh masyarakat Desa Pangkalan, karena dirasa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, program ini juga mendapat respon positif dari aparatur daerah Kabupaten Tangerang terutama Dinas Perikanan.

Baca juga: Pedagang Mie Ayam di Tangerang Tewas Tersambar Petir

Kegiatan ini diawali dengan prosesi tebar bibit di beberapa tempat yaitu Saung Ki Dalang Pangkalan, Saung Ki Ayub Pangkalan, dan Taman Edukasi Pangkalan.

"Selain memberikan bibit dan pakan, Tim ComDev juga memperkenalkan teknologi Recirculating Aquaculture System (RAS) yang merupakan sistem budidaya ikan secara intensif dengan menggunakan sistem yang memanfaatkan air secara terus-menerus," kata Rio dalam keterangan yang diterima, Kamis (19/5/2022).

BERITA TERKAIT

Rio menjelaskan, teknologi RAS ini bertujuan untuk mengontrol dan menstabilkan kondisi kolam ikan, mengurangi jumlah penggunaan air serta mengatur kadar oksigen dalam kolam.

Baca juga: Polres Metro Tangerang Kota Tangkap Ayah dan Anak yang Jadi Begal di Lebak

"Tentunya dengan menggunakan sistem RAS ini budidaya ikan akan meningkat secara produktivitas karena dilengkapi aerator dan sistem biofilter akan membuat budidaya semakin produktif," ujarnya.

Selain itu juga pihaknya memberikan dua pasang filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan mensuplai oksigen.

"Semoga program pemberdayaan yang telah dirancang oleh Tim ComDev PIK 2 berjalan dengan lancar dan dapat memberi manfaat untuk masyarakat Desa Pangkalan, serta terjalin tali asih antar masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan PIK 2," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas